Ingin Travelling? Tips Menabung dan Menghemat Uang Ini Wajib Anda Coba

05 Agustus 2021 11:43 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Tips Menabung dan Menghemat Uang untuk Travelling yang Wajib Anda Coba (Pexels.com)

JAKARTA - Travelling atau liburan bisa dilakukan siapa saja, tetapi tentu saja  Anda harus merencanakan dengan cermat terutama untuk memiliki biayanya. Dan menabung menjadi salah satu taktik paling tepat untuk mendapattkan biaya tersebut. 

Berikut cara dan tips menabung untuk liburan atau travelling hemat dengan biaya minim yang bisa Anda coba, jika kondisi sudah aman (tidak ada pandemi).

1. Sisihkan Jumlah Tertentu dan Tetap untuk Dana Travelling
Saat Anda benar-benar ingin melakukan suatu perjalanan ke destinasi wisata tertentu, Anda harus disiplin untuk menyisihkan sejumlah dana tertentu. Anda juga harus berusaha untuk tetap disiplin menyisihkan jumlah dana yang tetap untuk tabungan liburan tersebut.

2. Sewa atau Pinjam Perlengkapan Travelling
Ada kalanya saat travelling, Anda membutuhkan perlengkapan tertentu, seperti tenda, tas dan sebagainya. Daripada harus membelinya dan hanya dipakai cuma sesekali saja, lebih baik Anda meminjam atau menyewanya saja karena lebih hemat.

3. Tentukan Satu Aliran Pendapatan Hanya untuk Kebutuhan Travelling
Anda bisa mencari pekerjaan baru atau pekerjaan sampingan, di mana penghasilan dari pekerjaan tersebut hanya untuk tabungan travelling Anda saja.

4. Perhatikan Promo Hotel dan Penerbangan
Tidak hanya di masa pandemi, tetapi sebaliknya juga, jika Anda pintar menentukan tanggal perjalanan dan merencanakan semuanya jauh-jauh hari, Anda akan bisa berhemat banyak.

5. Nikmati Makanan Rumahan 
Alih-alih memesan makanan dari restoran favorit Anda setiap malam dan memilih untuk dibawa pulang, memasak makanan hangat di rumah tidak hanya akan membantu Anda menghemat uang tetapi juga menambah dana perjalanan Anda. 

Anggap saja seperti ini, semakin banyak Anda memasak di rumah sekarang, semakin banyak Anda bisa bersantap di kafe-kafe cantik pada liburan berikutnya.

Berita Terkait