Tips dan Cara Melacak Lokasi Lewat WhatsApp Tanpa Ketahuan

03 Oktober 2021 18:35 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Tips dan Cara Melacak Lokasi Lewat WhatsApp Tanpa Ketahuan (Foto: Pexels.com/Anton)

JAKARTA - WhatsApp adalah aplikasi chat gratis yang membuat penggunanya dapat mengirim pesan teks dan suara bahkan berbagi foto, video, dan dokumen secara pribadi, serta melakukan panggilan suara dan video. Anda hanya perlu menggunakan data seluler atau koneksi WiFi saja untuk mendapatkan semua layanan dari WhatsApp ini tanpa perlu membayar biaya langganan apapun.

Oleh karena itu, banyak yang mempertanyakan masalah privasi pengguna. Akan tetapi, WhatsApp sendiri memberikan enkripsi end to end, itu artinya hanya pengirim dan penerima saja yang dapat memiliki akses terhadap pesan.

Namun, hal ini berbeda dengan melacak lokasi melalui WhatsApp. Sangat mudah untuk melacak lokasi seseorang menggunakan WhatsApp dan ada banyak cara untuk melakukannya. 

Cara paling sederhana dan transparan adalah dengan menggunakan fitur "Berbagi Lokasi" yang terdapat pada aplikasi WhatsApp. Namun, ada metode atau cara tersembunyi untuk melacak lokasi seseorang lewat WhatsApp. Ini caranya, seperti yang telah dirangkum dari Social Tech Junkie.

Pertama, bukalah WhatsApp Web melalui PC atau laptop terlebih dahulu. Kemudian, bukalah chat terakhir dari seseorang yang ingin Anda lacak lokasinya.

Alamat IP

Namun, jika pesan terakhir sudah lama seperti beberapa hari sebelumnya, cobalah untuk mengajak targetmu untuk mengirim pesan kembali. Pesan terakhir ini akan berfungsi untuk mendapatkan alamat IP terbaru orang tersebut.

Kemudian tutup semua aplikasi, program, dan proses lain yang masih berjalan di komputer atau laptop Anda karena dapat mengganggu proses pelacakan lokasi. Setelah itu, tekan tombol Ctrl, Alt dan Delete secara bersamaan yang akan langsung meluncurkan Task manager.

Tekan tombol Windows dan huruf R bersamaan, yang akan meluncurkan fungsi Run. Ketik "cmd" di bidang teks lalu tekan Enter. Hal ini akan segera meluncurkan Command Prompt.

Saat Command Prompt diluncurkan, ketik "netstat-an" di baris perintah lalu tekan tombol "Enter". Kemudian, Command Prompt akan menunjukkan alamat IP orang yang sedang Anda ajak chat tersebut.

Tuliskan IP addressnya lalu buka www.iptrackeronline.com, kemudian masukkan ke dalam alamat di bilah pencarian. Tekan "Enter" dan lokasinya akan muncul di peta.

Akan tetapi, jika Anda takut suatu saat lokasi Anda dilacak seseorang, jangan khawatir. Karena Anda bisa menonaktifkan izin pelacakan lokasi di WhatsApp di pengaturan ponsel Anda kapan saja. Cukup buka Setting, pilih Aplikasi dan Pemberitahuan, lalu Izin Aplikasi. Pilih Lokasi dan matikan WhatsApp.

Berita Terkait