Tips Cerdas Membuat Ruangan Dapur Jadi Terlihat Lebih Besar

24 Juli 2021 19:15 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Dapur (Freepik.com)

JAKARTA - Semua orang ingin memiliki ruangan dapur yang luas, karena merupakan salah satu area yang tersibuk di dalam rumah. Namun, jika Anda menyewa rumah atau memiliki dapur yang kecil, tentu Ada bisa melakukan renovasi.

Akan tetapi, renovasi pada umumnya menghabiskan uang yang banyak, memakan waktu, dan merepotkan.

Untungnya, ada tips sederhana, murah, dan cerdas yang dapat membuat dapur Anda jadi tampak lebih luas. Berikut cara yang dapat Anda lakukan, seperti yang telah dirangkum dari laman Roohome.

Pertimbangkan Desain dan Ukuran Kabinet
Karena Anda memiliki ukuran dapur yang kecil, maka Anda tidak perlu memiliki lemari dapur yang besar. Anda juga bisa memilih lemari dapur yang berwarna cerah. Hal ini karena lemari berwarna cerah dapat memberi kesan yang mewah, dan menghindari kesan yang sempit pada ruangan.

Anda juga dapat menggunakan kabinet bawah yang lebih ramping, yang dapat memberi lebih banyak ruang untuk lantai.

Berikan Pencahayaan yang Tepat
Pencahayaan yang baik di dapur akan memainkan peranan penting dalam proses membuat dapur kecil Anda jadi tampak lebih besar. Anda dapat menambahkan beberapa pencahayaan dekoratif untuk tambahan.

Pilih Warna yang Tepat
Warna keseluruhan dari dapur tentu bisa didasarkan pada preferensi Anda. Namun, untuk memberi kesan dapur Anda tampak lebih besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih satu atau dua warna yang dominan. Teknik desain interior ini membuat dapur jadi terasa lebih besar dan memungkinkan Anda untuk menciptakan tampilan yang lebih terkoordinasi.

Lantai
Anda bisa bisa menggunakan teknik ilusi untuk dapur Anda. Cobalah untuk menempatkan lantai berpola yang sejajar dengan panjang dapur Anda. Hal ini akan membantu dapur Anda jadi tampak lebih luas. Jika Anda ingin dapur tampak lebih panjang, maka aplikasikan lantai bermotif di sepanjang ruangan.

Declutter
Buang atau sisihkan barang-barang yang sekiranya tidak Anda butuhkan. Hal ini tidak hanya akan membuat ruangan jadi lebih tertata dan luas, tetapi juga meningkatkan produktivitas karena Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam mencari barang tertentu.

Berita Terkait