Tips Bekerja dari Rumah atau WFH Ketika Kasus COVID-19 Kembali Naik

18 Juni 2021 15:27 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Ilustrasi bekerja dari rumah/Freepik.com

JAKARTA – Kasus positif COVID-19 di Indonesia kini mulai naik lagi. Oleh karena itu, tak mengherankan jika berbagai perkantoran mulai menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Untuk Anda yang kembali bekerja dari rumah, tips berikut mungkin bisa membantu Anda untuk menjaga produktivitas dan kesehatan ketika harus WFH.

  1. Tentukan Ruang Kerja
    Siapkan area rumah Anda yang khusus digunakan sebagai ruang kerja. Duduk di ruang kerja ini mengirimkan sinyal yang jelas ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk fokus. Jika Anda sedang istirahat, Anda juga dapat menjauhi ruang kerja tersebut.
  2. Bekerja dengan Postur Tubuh yang Baik
    Pastikan ruang kerja Anda ergonomis yang dapat menghilangkan faktor risiko yang menyebabkan cedera muskuloskeletal dan memungkinkan peningkatan kinerja dan produktivitas. Bekerja sambil duduk di sofa yang nyaman atau tempat tidur mungkin terdengar menyenangkan, akan tetapi mengetik di laptop di tempat tidur untuk waktu yang lama dapat membuat punggung atau leher Anda tegang.
  3. Persiapkan Hari Kerja Anda
    Luangkan waktu untuk melakukan rutinitas pagi yang normal seperti mandi, dan berpakaian untuk hari itu. Jika Anda biasanya pergi ke gym, lengkapi rutinitas Anda dengan latihan beban atau latihan kekuatan atau workout di rumah.
    Tentukan beberapa pakaian kerja, bahkan jika itu lebih nyaman daripada pakaian profesional biasa Anda. Jika Anda lebih suka menata rambut dan rias wajah, lakukanlah, meskipun itu hanya untuk Anda.
  1. Tetapkan Jadwal
    Alih-alih memiliki rencana yang tidak jelas, buatlah jadwal harian dan tuliskan di agenda atau agenda digital. Buat jadwal digital atau catat dengan pena dan kertas, dan tempelkan di tempat yang terlihat. Buatlah daftar tugas terperinci yang dipecah menjadi beberapa kategori berdasarkan kepentingannya.
  2. Buat Rencana Makan
    Rencanakan makanan dan camilan Anda sebelumnya, seperti di awal minggu atau hari kerja. Hal ini mencegah Anda bekerja sampai kelaparan dan kemudian kebingungan untuk memutuskan apa yang harus dimakan. Anda juga harus menghindari makan di tempat kerja.
    Pilih makanan untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan, seperti biji labu, cokelat hitam, dan telur. Batasi asupan karbohidrat olahan, makanan olahan, dan minuman manis.

Berita Terkait