Tips Atasi Bau Mulut Tak Sedap Saat Sedang Puasa

13 April 2021 15:01 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Islamic women friends dining together with happiness

JAKARTA – Umat muslim di Indonesia kini tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selama berpuasa, kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum sejak sahur hingga berbuka.

Terkadang ketika puasa, timbul bau mulut yang tidak sedap.Meski tampaknya biasa saja, masalah ini bisa saja mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri.

Namun, jangan khawatir. Pasalnya Anda tetap bisa percaya diri dengan bau mulut yang segar saat berpuasa.

Berikut tips mengatasi bau mulut tak sedap saat berpuasa, seperti yang dikutip dari laman WebMD.

Bersihkan gigi setelah sahur
Tak hanya untuk mencegah penumpukan plak penyebab bau mulut, menyikat dan membersihkan gigi dengan dental floss juga dapat menyehatkan gusi serta gigi Anda.

Jika Anda tidak sempat menyikat gigi setelah sahur, segera bilas mulut Anda dengan air agar tidak ada kotoran yang masih tersisa di mulut.

Bersihkan bagian lidah
Tak hanya gigi, lidah juga perlu untuk dibersihkan. Bakteri yang ada di lidah dapat menyebabkan bau mulut, oleh karena itu jangan lupa bersihkan dengan sikat khusus lidah.

Gunakan obat kumur
Obat kumur antiseptik membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut dan plak. Plak dan bakteri ini juga dapat menyebabkan radang gusi.

Jaga pola makan
Anda juga perlu untuk menjaga menu dan pola makan saat puasa. Untuk mencegah timbulnya bau mulut tak sedap, hindari mengonsumsi terlalu banyak produk turunan susu saat sahur.

Anda juga sebaiknya menghindari masakan dengan bumbu yang kuat dan makanan pedas. Selain itu, mengurangi makanan dan minuman manis juga bermanfaat untuk mengurangi bakteri penyebab bau mulut tak sedap.

Berita Terkait