TikTok Akan Buka Layanan E-Commerce di RI, Saingi Tokopedia hingga Shopee

February 23, 2021, 06:08 PM UTC

Penulis: Dewi Aminatuz Zuhriyah

Ilustrasi aplikasi media sosial berbagi video TikTok asal China. / Pixabay

JAKARTA – Platform video pendek TikTok mulai membuka lowongan untuk layanan e-commerce di Indonesia dan Singapura. Untuk diketahui, saat ini e-commerce yang sudah ada di RI adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya.

Mengutip Tech in Asia, Selasa 23 Februari 2021, TikTok diketahui sudah membuka lowongan pekerjaan di Indonesia dan Singapura sejak pekan lalu.

Di Indonesia, TikTok mencari pekerja untuk mengisi posisi operasional logistik dan pengembangan bisnis. Sedangkan di Singapura, media sosial asal China itu membuka lowongan untuk posisi IT, software engineer dan data engineer.

TikTok juga membuat situs web edukasi tentang penjualan online bernama ‘TikTok Shop Seller University’. Situs tersebut merupakan langkah awal uji coba fitur belanja online di aplikasi bagi pengguna Indonesia.

Melalui situs itu, TikTok mengenalkan kepada penggunanya mengenai tata cara belanja online di platform tersebut. Nantinya, pengguna dapat menampilkan produk melalui siaran langsung atau konten video pendek. Sedangkan bagi yang ingin membeli dapat mengeklik tautan atau link di video tersebut dan akan dialihkan ke halaman detail produk.

Sebagai informasi, TikTok adalah platform media sosial dengan konten video pendek milik ByteDance. Media sosial ini diketahui sudah merambah ke layanan belanja daring sejak 2019. (SKO)