Tidak Sembarangan, Ini Cara Beli Emas dengan Tepat Agar Tetap Cuan

23 November 2022 20:04 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Fakhri Rezy

Tidak Sembarangan, Ini Cara Beli Emas dengan Tepat Agar Tetap Cuan (Trenasia.com)

JAKARTA - Investasi dalam logam mulia seperti emas memang masih digemari banyak orang sampai saat ini. Emas juga dapat menjadi instrumen investasi terbaik ketika kondisi pasar sedang tidak menentu seperti saat ini.

Logam mulia seperti emas jika digunakan sebagai investasi dapat memiliki banyak keunggulan, seperti bisa digunakan sebagai alat tukar, tabungan dana darurat, tidak ada potongan bunga, dan akan membantu melindungi nilai dari inflasi.

Meski begitu, Anda harus mengetahui bagaimana cara membeli emas dengan tepat agar tetap cuan dan terhindar dari kerugian. Berikut beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk membeli emas dengan tepat dan aman.

Cara Beli Emas dengan Tepat dan Aman Agar Tetap Cuan

1. Update Harga Emas Terbaru

Setiap hari harga emas akan selalu berubah. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk rajin memeriksa harga emas terbaru ketika ingin membelinya. Anda bisa memeriksa harga emas terbaru melalui internet salah satunya melalui situs resmi PT Aneka Tambang (Antam), di mana situs tersebut akan melakukan pengumuman harga emas sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Ketahui Kadar Kemurnian Emas

Setelah mengetahui harga emas, Anda perlu memeriksa kadar kemurnian emas yang akan Anda beli. Harga emas pada umumnya akan berbanding lurus dengan tingkat kemurniannya.

Menurut standar internasional, emas 24 karat memiliki tingkat kemurnian 99,99%, emas 22 karat memiliki tingkat kemurnian 91,7%, emas 20 karat memiliki tingkat kemurnian 83,3%, emas 18 karat memiliki tingkat kemurnian 66,6%, emas 14 karat memiliki tingkat kemurnian 58,5%, dan emas 9 karat memiliki tingkat kemurnian 37,5%.

3. Pilih Toko Emas yang Memiliki Reputasi Bagus

Setelah itu, Anda perlu membeli emas dari toko emas yang telah memiliki reputasi bagus. Selain itu, perhatikan tingkat harga jual kembali emas pada toko emas tersebut. Namun, jika Anda ragu dan ingin membeli emas dari toko yang terpercaya, Anda bisa membeli emas melalui Pegadaian atau membeli secara online di situs resmi PT Antam.

4. Simpan Sertifikat Kepemilikan Emas dan Nota Pembelian dengan Baik

Anda tentu tidak ingin jika emas Anda nilainya turun karena Anda tidak memiliki sertifikat kepemilikan. Oleh karena itu, pastikan Anda menyimpan sertifikat kepemilikan emas dan nota pembelian dengan baik. 

5. Simpan Emas 

Anda perlu berhati-hati dalam menyimpan emas. Pastikan untuk menyimpannya dengan baik. Anda bisa menyimpan emas di dalam rumah atau disimpan di kotak deposit yang ada di bank. Anda juga dapat menyimpan emas dengan cara menjadikannya sebagai jaminan.

Itu tadi beberapa cara aman membeli emas agar Anda tetap cuan dan tidak mengalami rugi. 

Berita Terkait