Tidak Perlu Cemas, Ikuti Kiat Ini Sebelum Bertemu Klien Baru

JAKARTA – Punya rencana bertemu dengan klien baru bisnis memang bikin was-was.

“Apa yang harus saya lakukan untuk memberinya kesan positif dan goal tercapai?” Pertanyaan itu pasti mencuat saat Anda akan bertemu klien baru.

Jawabannya adalah mempersiapkan diri. Jika Anda sungguh-sungguh mempersiapkan diri, rasa cemas atau was-was pasti sirna. Berikut tips menyiapkan diri sebelum bertemu klien baru:

Susun rencana matang
Mulailah dengan mempersiapkan materi tentang produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Tak lupa, sampaikan kesepakatan apa yang hendak dicapai dari pertemuan tersebut.

Tak usah bertele-tele menjelaskan penawaran. Sampaikan dengan bahasa lugas. Boleh juga menyisipkan satu dua humor agar suasana tidak lagi kaku.

Buat kesan profesional
Jika Anda terbiasa berpenampilan kasual, cobalah tampil sedikit lebih formal saat bertemu dengan klien bisnis. Ya, hal tersebut penting agar terlihat profesional. Tak hanya itu, berpakaian rapi juga memberi kesan kepada klien bahwa Anda menghormati pertemuan tersebut.

Jaga sikap
Ingin pertemuan Anda dan klien bisnis berjalan lancar? Jika ya, bersikaplah secara profesional dengan  datang ke tempat pertemuan tepat waktu.

Selain itu, hindari pula menggunakan ponsel saat pertemuan berlangsung. Dengan menerapkan hal tersebut, klien tentu akan merasa dihargai dan bukan tak mungkin tujuan Anda bekerja sama dengannya akan terealisasi.

Catat poin penting pertemuan
Ingat, tujuan menjalin kerja sama dengan klien adalah untuk memajukan bisnis yang Anda geluti. Karena itu, usahakan jangan sampai ada poin yang terlupa, apalagi yang menguntungkan bagi usahamu.

Langkah terbaik, catatlah semua poin penting yang telah didiskusikan. Cara tersebut juga ampuh untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari

Tags:
klien bisnisProfesionaltips kepemimpinan
%d blogger menyukai ini: