Tidak Butuh Gaji Tinggi, Ini 5 Langkah Jadi Jutawan di Usia 30 Tahun

16 November 2022 14:14 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Fakhri Rezy

Tidak Butuh Gaji Tinggi, Ini 5 Langkah Jadi Jutawan di Usia 30 Tahun (Freepik.com/drobotdean)

JAKARTA - Menjadi jutawan di usia tiga puluh tahunan mungkin terdengar mustahil bagi sebagian orang. Akan tetapi, hal itu tidak harus menjadi mimpi yang sulit untuk dijangkau. 

Bahkan tidak butuh gaji tinggi, hanya dengan melakukan berbagai perencanaan matang, kesabaran, dan memelihara kebiasaan menabung yang cerdas, Anda dapat dengan mudah mencapai tujuan keuangan Anda pada saat pensiun.

Jika Anda ingin menjadi jutawan, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah dengan memulai lebih awal. Anda juga perlu menghemat pengeluaran agar memiliki lebih banyak uang untuk disimpan dan diinvestasikan agar Anda meraih tujuan dengan lebih cepat.

Berikut beberapa cara jadi jutawan di usia 30 tahun yang bisa Anda pratikkan.

5 Langkah Jadi Jutawan di Usia 30 Tahun

1. Mulai Menabung Sejak Dini

Cara termudah untuk membangun tabungan adalah mulai lebih awal. Anda bisa meningkatkan kekayaan juga dengan menabungnya dalam bentuk investasi seperti reksadana.

2. Hindari Pengeluaran dan Utang yang Tidak Diperlukan

Berhentilah untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Sebelum Anda menggesek kartu atau checkout barang di e-commerce, cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri apakah barang tersebut benar-benar Anda butuhkan, apakah Anda sudah memiliki barang yang serupa, atau apakah Anda menginginkan barang tersebut lebih daripada keinginan Anda menjadi seorang jutawan.

3. Coba Berhemat Setidaknya 15% dari Penghasilan

Mungkin tidak ada jawaban yang tepat untuk menjawab seberapa banyak uang yang harus Anda hemat. Namun, sebagian besar perencana keuangan mengatakan bahwa tergantung pada usia Anda, sebaiknya Anda harus menabung setidaknya 15% dari penghasilan kotor tahunan jika Anda bertujuan untuk membangun dana pensiun.  

4. Hasilkan Lebih Banyak Uang

Pendapat ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Jika penghasilan Anda tidak cukup untuk menyisihkan 15% dari penghasilan Anda, mungkin Anda akan lebih sulit untuk menjadi jutawan.

Namun, Anda memiliki beberapa opsi yang tersedia untuk menghasilkan lebih banyak uang seperti meminta kenaikan gaji jika menurut Anda sudah waktunya, bekerja lembur, mendapatkan pekerjaan kedua, dan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan potensi penghasilan Anda.

5. Jangan Menyerah pada Inflasi Gaya Hidup

Inflasi gaya hidup dapat terjadi ketika Anda membelanjakan lebih banyak uang hanya karena Anda memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan. Jika Anda ingin menjadi jutawan, cobalah untuk menahan keinginan untuk menyerah pada inflasi gaya hidup. Alih-alih membelanjakan lebih banyak hanya karena Anda bisa, lebih baik Anda menabung dan berinvestasi lebih banyak. Anda akan mencapai tujuan keuangan Anda jauh lebih cepat.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meraih tujuan keuangan seperti menjadi jutawan di usia 30-an tahun. Selamat mencoba.

Berita Terkait