THR Sudah Cair, Pilih Sedekah atau Bayar Utang Dulu? Ini Penjelasannya

01 Mei 2022 08:35 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

THR Sudah Cair, Pilih Sedekah atau Bayar Utang Dulu? Ini Penjelasannya (Pexels.com/Ahsanjaya)

JAKARTA - Salah satu hal yang sering ditunggu saat Ramadan adalah cairnya Tunjangan Hari Raya atau THR. Menurut aturan Permenaker No. 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan, THR harus sudah dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya.

Bagi Anda yang merupakan seorang karyawan atau buruh, tentu mendapatkan THR adalah momen yang sangat menyenangkan. Akan tetapi, jika THR yang diterima tidak dikelola dengan baik bisa jadi uang tersebut segera habis begitu saja.

Selain itu, saat Ramadan memang umat muslim dianjurkan untuk banyak bersedekah. Namun, jika memiliki utang apakah sebaiknya tetap bersedekah atau melunasi utang terlebih dahulu? Berikut penjelasannya.

Sebelum Anda menggunakan uang THR yang Anda terima, Anda perlu mengetahui kewajiban dan kebutuhan Anda terlebih dahulu. Oleh karena itu, buat skala prioritas mengenai apa yang harus Anda lakukan dengan uang yang baru saja diterima.

Sebaiknya, gunakan uang THR untuk membayar utang terlebih dahulu. Hal ini agar Anda tidak lagi telat membayar cicilan atau utang dan tidak mendapat denda akibat keterlambatan pembayaran tersebut.

Selain itu, dengan membayar utang terlebih dahulu, Anda juga akan lebih tenang dan bisa mengelola uang sisanya dengan lebih baik. Setelah Anda membayar atau melunasi utang, sebaiknya Anda gunakan uang THR untuk membayar kewajiban dan kebutuhan Anda.

Kebutuhan yang dimaksud seperti tagihan listrik, keperluan rumah tangga. Hindari berbelanja sesuatu hal yang hanya keinginan Anda saja meskipun toko yang menawarkan barang tersebut sedang memberikan promo atau diskon.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan uang THR untuk melakukan sedekah dan membayar zakat apalagi bagi Anda yang muslim dan mampu. Anda juga dapat mengalokasikan uang THR tersebut dengan berbagi kepada saudara yang lebih membutuhkan atau orang yang kurang mampu di sekitar Anda.

Berita Terkait