Tertekan Pandemi, Penjualan Apartemen Masih Bisa Tumbuh Tahun Ini

11 September 2021 14:45 WIB

Penulis: Ismail Pohan

Editor: Ismail Pohan

Suasana deretan gedung apartemen di kawasan Jakarta Barat, Sabtu, 11 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

Penjualan apartemen di dalam negeri diproyeksikan masih mampu tumbuh di tengah tekanan pandemi Covid-19. Apartemen dengan harga Rp1 miliar hingga Rp3 miliar masih cukup diminati masyarakat. Meski begitu, persaingan apartemen di rentang harga tersebut memiliki persaingan yang cukup ketat.

Sepanjang tahun ini tidak ada proyek baru apartemen atau kondominium yang akan diluncurkan. Hal tersebut disebabkan oleh para pengembang masih menunggu dan melihat perkembangan di pasar sebelum memutuskan untuk meluncurkan produk terbarunya.

Secara kumulatif, pasokan kondominium saat ini sebanyak 256.394 unit. Suplai pasokan kondominium yang paling besar berada di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan yang masing-masing sebesar 20 persen, lalu diikuti oleh Jakarta Pusat 18 persen, Jakarta Utara 17 persen, Jakarta Timur 13 persen, dan area Central Business District (CBD) 12 persen.

Sementara itu, tarif apartemen sewa sepanjang kuartal II tahun ini relatif stabil di tengah tekanan pasar akibat banyaknya ekspatriat yang pulang ke negaranya lantaran kondisi bisnis secara umum tertekan pembatasan yang diberlakukan untuk mengatasi pandemi COVID-19.  Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

 

Berita Terkait