Tertarik? Pesawat Mewah Ini Seirit Mobil, Secepat Jet dan Mampu Terbang Antarbenua

CALIFORNIA-Otto Aviation, sebuah produsen pesawat yang berbasis di California Amerika Serikat menawarkan Celera 500L, sebuah pesawat baling-baling yang dapat membawa enam penumpang. Meski menggunakan mesin turboprop, pesawat ini bisa mencapai kecepatan 450 mil perjam. Pesawat juga  cukup irit berkat mesin piston efisiensi tinggi yang baru.

Otto Aviation mengklaim prototipe Celera 500L dapat mencapai jangkauan 4.500 mil yang berarti bisa terbang melintasi benua.

Tapi hal yang paling mencolok adalah efisiensi bahan bakar yang ramah lingkungan antara 18 dan 25 mil per gallon. Ini sebanding dengan sebuah mobil besar.

“Tujuan kami adalah untuk membuat pesawat pribadi yang memungkinkan penerbangan langsung antara kota mana pun di Amerika dengan kecepatan dan biaya yang sebanding dengan perjalanan udara komersial,” kata pendiri perusahaan, ketua dan kepala ilmuwan perusahaan, William Otto dalam siaran persnya 28 Agustus 2020.

Sebagai perbandingan, Bombardier Learjet 60 mampu menghabiskan 2,5 galon per mil saat terbang dengan kecepatan 500 mph serta memberikan jangkauan sekitar 2.700 mil.

Sebuah video yang dirilis oleh Otto Aviation pada hari Rabu menunjukkan uji terbang yang sukses dari pesawat yang sangat efisien ini. Pesawat membawa nomor registrasi Badan Penerbangan Federal N818WM, dari Bandara Logistik California Selatan di Victorville.

Celera memiliki badan pesawat ramping dan sayap aliran laminar dengan rasio aspek tinggi yang panjang dan sempit yang berakhir di bagian sayap yang besar. Pesawat memiliki ekor berbentuk salib dengan sirip perut yang besar.

Rahasia penghematan bahan bakar yang luar biasa adalah efisiensi tinggi Raikhlin Aircraft Engine Developments A03 V12 , dipasang di bagian belakang dan menggerakkan baling-baling pendorong empat bilah, yang menghasilkan antara 500 dan 600 tenaga kuda.

Tata letak kabin penumpang yang ditawarkan menunjukkan tempat duduk mewah untuk enam orang.

Interior Celera 500L/Foto: Otto Aviation

Otto, yang sebelumnya bekerja pada mesin roket nuklir di Los Alamos Scientific Labs, percaya bahwa pesawatnya dapat menempatkan perjalanan udara pribadi dalam anggaran keluarga biasa. “Inovasi pada intinya adalah menyelesaikan masalah tanpa bias konvensional,” katanya dalam siaran pers.

“Dalam banyak kasus, individu dan keluarga akan dapat menyewa Celera 500L dengan harga yang sebanding dengan tiket pesawat komersial, tetapi dengan tambahan kenyamanan penerbangan pribadi,” tegasnya. “Kami percaya ketika harga perjalanan udara pribadi bersaing dengan perjalanan udara komersial, peluang pasar yang sangat besar akan dihasilkan.”

Jika sertifikasi FAA dan pencarian fasilitas manufaktur berjalan sesuai rencana, kita dapat melihat pengiriman komersial pertama Celera 500L pada tahun 2025. Berapa harganya? sayangnya belum dirilis.

Tags:
pesawat pribadipesawat pribadi paling mewahpesawat sipilprivat jet
%d blogger menyukai ini: