Terpanjang di Sulawesi, Jokowi Ramal Tol Manado-Bitung Tarik Minat Investor

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Manado Manado-Bitung di Sulawesi Utara. Hadirnya jalan tol ini dinilai akan menarik banyak investasi masuk ke daerah tersebut. Sehingga dapat mendongkrak perekonomian Sulawesi Utara.

Jokowi menyebutkan Provinsi Sulawesi Utara memiliki banyak potensi ekonomi yang dapat dikembangkan. Misalnya industri perikanan, pertanian, perkebunan, dan pariwisata. Untuk dapat mengembangkan sektor ini perlu dukungan infrastruktur.

“Dengan tersambungnya kawasan perekonomian baru, saya yakin investasi akan lebih banyak datang,” kata Jokowi dalam peresmian Jalan Tol Manado-Bitung yang ditayangkan secara virtual di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 29 September 2020.

Jokowi mengatakan dengan terintegrasinya kawasan ekonomi di provinsi tersebut, akan menstimulus pertumbuhan usaha-usaha baru serta menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan keberadaan infrastruktur ini akan mempercepat dan mempermudah akses. “Nanti jika seluruh ruas sudah selesai sepanjang 40 kilometer, waktu tempuh akan jauh lebih cepat. Dulu satu setangah jam, sekarang hanya setengah jam saja,” tutur Jokowi.

Menurutnya, kehadiran jalan tol ini juga akan memangkas biaya logistik dari Pelabuhan Internasional Bitung, sehingga lebih efisien. Dengan demikian, daya saing otomatis akan meningkat dan kawasan ekonomi khusus (KEK) Bitung juga dapat menjadi lebih maju.

Saat ini untuk ruas tol sepanjang 26 kilometer yakni Manado-Danowudu sudah siap beroperasi. Secara keseluruhan, jalan tol sepanjang 40 kilometer ini ditargetkan akan siap beroperasi pada Juni 2021.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Manado-Bitung dengan total panjang 40 kilometer merupakan yang terpanjang di Pulau Sulawesi.

Pembangunan jalan tol tersebut menelan anggaran sebesar Rp5,12 triliun. “Konstruksi pada ruas Manado-Airmadidi sepanjang 15 kilometer didanai oleh APBN Kementerian PUPR. Sedangkan Airmadidi-Bitung 25 kilometer dilaksanakan oleh BUJT PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR),” ungkapnya. (SKO)

Tags:
Basuki HadimuljonoHeadlineinfrastrukturjalan tolJalan Tol Manado-BitungJoko WidodojokowiJSMRPresiden Joko WidodoProyek tolPT Jasa Marga (Persero) TbkPUPRSulawesi UtaraTol Pertama di Sulawesi Utara
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: