Terobos Banjir di Cina, Mobil Tesla Jadi Viral

27 Juli 2021 13:07 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Ilustrasi mobil Tesla.

BEIJING- Mobil listrik Tesla menjadi viral setelah salah satu pengguna mengunggah video kendaraan tersebut menerobos banjir bandang yang sedang terjadi di Cina.

Dalam video tersebut, sang pemilik tampak mengendarai mobilnya, Tesla Model 3 menerobos banjir yang menggenangi Jalan di Cina sementara mobil lainnya berhenti dan terendam air.  

Tak tanggung-tanggung, dalam video tersebut, air di jalanan diperkirakan melebihi kap mobil. Pasalnya, saat kendaraan tersebut berjalan, genangan banjir menyeruak hingga setinggi kaca depan mobil.

Video yang diunggah via TikTok tersebut kemudian beredar luas di Twitter dan menjadi bahan pembicaraan.

Seperti diketahui, banjir dapat membuat kendaraan mogok hingga rusak parah. Mengemudi di zona banjir dapat sangat merusak mesin mobil, baik yang bertenaga listrik atau berbahan bakar gas, karena bagian bawah kendaraan tidak dirancang untuk bertahan lama di dalam air.

Bahkan untuk sebagian asuransi kendaraan, kerusakan mobil akibat banjir tidaklah ditanggung.

Namun pada 2016 lalu, pendiri Tesla Elon Musk menyebut bahwa Tesla Model S memiliki fungsi mendekati perahu. Hal tersebut diungkapkannya setelah mengendarai kendaraan tipe tersebut melewati terowongan yang sedang banjir di Kazakhstan.

Rupanya, hal ini bisa terjadi lantaran model S memiliki baterai dan unit penggerak yang disegel. Ia juga tidak memerlukan pasokan oksigen seperti kebanyakan mesin pembakaran untuk menjaga mobil tetap berjalan.

Meski demikian, Musk tetap tidak merekomendasikan Tesla dikendarai di jalanan yang tergenang air.

Pengujian khusus di pabrik Cina

Mengingat video yang diposting adalah model 3 dan bukan model S, muncul spekulasi bahwa Cina telah menguji teknologi "mode perahu" pada jenis mobil Tesla lain yang diproduksi di negara tersebut.

Pabrik Tesla di Cina dilaporkan telah mendirikan area pengujian khusus di Shanghai  yang mensimulasikan banjir untuk Tesla Model 3 dan Model Y. Hal ini juga diperkuat oleh beredarnya sebuah video YouTube dari tahun 2019 muncul untuk menunjukkan pekerja menguji Model 3 versi Cina dalam kondisi banjir.
 

Berita Terkait