Ternyata Inilah yang Terjadi saat Menekan Tombol Flush di Toilet Pesawat

12 Juni 2022 07:05 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Fakhri Rezy

Ternyata Inilah yang Terjadi Saat Anda Menekan Tombol Flush di Toilet Pesawat (Pexels.com/Sourav Mishra)

JAKARTA - Anda tentu mengetahui bahwa pesawat juga dilengkapi kamar mandi yang bisa digunakan oleh penumpang atau kru pesawat. Namun, pernahkah Anda berpikir apa yang terjadi pada pesawat untuk membuang semua kotoran dari toilet tersebut?

Jika Anda penasaran mengenai cara kerja toilet pesawat dan apa yang terjadi saat Anda menekan tombol flush di toilet pesawat, simak ulasannya berikut ini.

Seperti yang dilansir dari laman Reader’s Digest, pesawat terbang modern menggunakan sistem toilet yang ditemukan oleh James Kemper pada tahun 1970-an. James Kemper menemukan sistem vakum yang pertama kali digunakan pada pesawat Boeing pada tahun 1982.

Sistem ini mengandalkan cairan biru yang disebut sebagai Skychem yaitu cairan desinfektan, mangkuk anti lengket, dan pengisap vakum yang kuat. Jadi, ketika penumpang menekan tombol flush di toilet pesawat, katup yang berada di bagian bawah mangkuk toilet akan terbuka lalu masuk ke dalam vakum. Semua limbah akan tersedot lebih cepat dari kecepatan mobil balap Formula 1.

Limbah tersebut akan mengalir melalui pipa ke bagian belakang pesawat, di mana kemudian disimpan ke dalam tangki yang tertutup jauh dari penumpang sampai pesawat mendarat.

Jika dilakukan penerbangan jarak jauh, diperkirakan penumpang pesawat akan menyiram toilet sekitar 1.000 kali dan dapat menghasilkan sekitar 230 galon limbah. Ketika pesawat mendarat, akan ada sebuah truk yang akan menyedot limbah tersebut dan membuangnya ke sistem pembuangan limbah bawah tanah bandara.

Jika Anda khawatir dan bertanya-tanya, apakah pesawat secara tidak sengaja mengosongkan tangki tersebut dalam penerbangan dan dapat mengenai siapa saja yang ada di bawah pesawat, Anda tidak perlu khawatir lagi. Hal ini karena tangki tersebut dilengkapi pintu yang memiliki klip eksternal untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kejadian yang tidak terduga.

Berita Terkait