Terbesar di Bavaria, 5.500 Koin Perak Era Romawi Ditemukan di Jerman

23 November 2021 22:29 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

Koin era Romawi yang ditemukan di Jerman ( Stadt Augsburg)

AUGSBURG-Tumpukan lebih dari 5.500 koin perak yang berasal dari era Romawi ditemukan di sepanjang sungai di Augsburg, Jerman. Koin-koin tersebut dikatakan berasal pada masa pemerintahan tiga kaisar terkenal.

Dalam sebuah email ke LiveScience Senin 22 November 2021, Stefen Krmnicek, seorang profesor numismatik kuno mengatakan bahwa koin-koin itu dibuat dari “denarii, denominasi perak standar” selama abad ke-1 hingga awal ke-3 M.” Berat total temuan itu sekitar 33 pon, menjadikannya timbunan perak Romawi terbesar yang pernah ditemukan di Bavaria.

Koin-koin itu ditemukan awal tahun ini selama penggalian sebuah situs di dekat tempat yang dulunya merupakan pangkalan Romawi kuno paling awal di Bavaria. Sebastian Gairhos, Direktur Layanan Arkeologi Kota Augsburg mengatakan kemungkinan mereka tidak dikbur di lokasi di mana mereka ditemukan tetapi kemungkinan terseret di sepanjang sungai Wertach tua selama banjir.

“Kami baru saja mulai membersihkan dan mempelajari materinya,” tambah Krmnicek dalam emailnya kepada Live Science. 

“Koin termuda dari timbunan tersebut dicetak pada awal abad ke-3. Kami saat ini berhipotesis bahwa timbunan itu terkubur pada abad ke-3 di luar kota Romawi Augusta Vindelicum, dekat Via Claudia Augusta [jalan Romawi] yang ada di sana.”

Situs tersebut, terletak sekitar 40 mil barat laut Munich yang dulunya sebagai kamp militer Romawi dan dibangun pada masa pemerintahan Kaisar August antara 8 dan 5 SM. Kemudian berkembang menjadi kota Augusta Vindelicum, yang kemudian menjadi ibu kota provinsi Romawi Raetia.

Koin tertua tampaknya telah dicetak pada masa pemerintahan Kaisar Nero (54 hingga 68 M), dan tanggal terbaru mengarah apda Septimius Severus, yang memerintah dari 193 hingga 211 M. Ada juga koin dari zaman Didius Julianus, yang berkuasa hanya dua bulan sebelum dia terbunuh pada tahun 193 M

"Sejarah Augsburg yang kaya kini menjadi lebih kaya," kata Walikota Eva Weber dalam sebuah pernyataan. “Sekali lagi, pentingnya Augsburg menjadi sangat jelas sejak zaman Romawi.”

Saat ini, para arkeolog yang terlibat dalam penggalian sedang mencari untuk memecahkan misteri mengapa koin-koin itu dikubur di tempat sama. Kota Augsburg merencanakan memamerkan timbunan koin itu, bersama dengan penemuan-penemuan lain dari era Romawi kuno antara 17 Desember 2021 dan 9 Januari 2022.

Berita Terkait