Terbantu Diskon Pajak, Penjualan LRT City Jatibening Milik Anak BUMN Adhi Karya Capai 60 Persen

June 11, 2021, 01:42 PM UTC

Penulis: Reza Pahlevi

LRT City mengusung konsep Transit Oriented Development (TOD) dari PT Adhi Commuter Properti / LRTCity.com

JAKARTA – Proyek LRT City Jatibening milik PT Adhi Commuter Properti turut merasakan dampak insentif pajak pertambahan nilai (PPN) yang berlaku mulai Maret hingga Agustus. Penjualan proyek anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) ini bahkan mencapai 60%.

“Sejak digaungkan program tersebut, persentase penjualan LRT City Jatibening mencapai 60%,” ujar Project Director LRT City Jatibening Windianto dalam siaran pers, dikutip Jumat, 11 Juni 2021.

Selain mengandalkan insentif PPN, Windianto mengatakan Adhi Commuter Properti juga memberikan promosi khusus April lalu, yaitu subsidi uang muka (DP), libur bayar 1 tahun, dan free furnish.

Windianto menjelaskan LRT City Jatibening merupakan kawasan tata ruang campuran yang mengusung konsep transit-oriented development (TOD). Ini berarti LRT City Jatibening akan terhubung dengan angkutan massal LRT dan dilengkapi dengan akses pejalan kaki atau sepeda.

“LRT City Jatibening juga dilengkapi perbagai fasilitas berupa pedestrian yang nyaman, ruang terbuka hijau yang luas, bicycle track, private garden, sampai commercial area sebagai meeting point dan co-working space,” ujar Windianto.

LRT City Jatibening mencakup enam menara. Untuk sementara ini, dua menara sudah dipasarkan yaitu Tower Accordion dan Tower Bandonion. Tower Accordion sudah terjual habis dan telah serah terima pada 2020 lalu.

Harga dan Tipe

LRT City Jatibening dijual mulai dari Rp500 juta hingga Rp1,1 miliar. Terdapat tipe studio, 1 kamar tidur, dan 2 kamar tidur. Tower Bandonion terdiri dari 362 unit, yang meliputi studio 265 unit, 1 kamar tidur 53 unit, dan 2 kamar tidur 44 unit.

Tower tersebut sudah dalam keadaan ready stock atau siap huni. Ini sesuai dengan kebijakan PPN ditanggung pemerintah (DTP) yang hanya berlaku untuk properti siap huni. Untuk properti di bawah Rp2 miliar, PPN DTP sebesar 100% atau gratis.

LRT City Jatibening dibangun di atas lahan seluas 6 hektare yang berlokasi di Jatibening Baru, Pondok Gede, Kota Bekasi. Kawasan ini akan terhubung langsung dengan Stasiun LRT Jatibening baru dan berdekatan dengan Tol Becakayu dan Cikampek.

“Ini merupakan peluang yang tepat bagi konsumen untuk membeli properti, baik sebagai hunian maupun investasi jangka panjang,” ujar Direktur Pemasaran Adhi Commuter Properti Indra Syahruzza.

LRT City Jatibening ini merupakan salah satu kawasan TOD yang dikembangkan oleh Adhi Commuter Properti. Proyek lainnya adalah LRT City Bekasi-Eastern Green (Bekasi), LRT City Bekasi-Green Avenue (Bekasi), LRT City Sentul (Bogor), LRT City Ciracas (Jakarta Timur), dan Oase Park, Member of LRT City (Ciputat).

Lalu, ada juga Cisauk Point-Member of LRT City (Cisauk), LRT City MTH (MT Haryono), LRT City Tebet (Jakarta), LRT City Cibubur (Depok), Grand Central Bogor (Bogor), dan Adhi City Sentul (Bogor).