Tensi Tingkat Tinggi, Kendaraan Lapis Baja Rusia Tabrak MRAP Amerika di Suriah

AL-HASAKAH-Risiko bentrok antara pasukan Amerika dan Rusia yang sama-sama beroperasi di Suriah semakin tinggi setelah sebuah pengangkut personel lapis baja BTR-82A Rusia menabrak Mine Resistant Ambush Protected (MRAP) Amerika yang dikemudikan oleh Green Beret selama patroli di timur laut Suriah.

Insiden tersebut terjadi pada pagi hari 24 Agustus, ketika konvoi militer Rusia mencoba mendapatkan akses ke ladang minyak utama di provinsi Al-Hasakah.

Beberapa kendaraan MRAP Amerika termasuk MaxxPro dan M-ATV, yang membawa tentara Amerika telah mencoba menghentikan kendaraan militer Rusia di sebelah barat provinsi Al-Hasakah. Namun kemudian, Rusia mengambil sejumlah tindakan agresif, termasuk memblokir kendaraan lapis baja Amerika. Salah satu kendaraan lapis baja Amerika juga terjebak di antara kendaraan BTR-82 dan Typhoon-K Rusia. Pada saat yang sama, helikopter Mi-8 dan Mi-35 milik Angkatan Udara Rusia menjadi pelindung konvoi militer Rusia.

Seorang pejabat dari Dewan Keamanan Nasional Amerika pada Rabu 26 Agustus 2020 mengakui bahwa telah terjadi tabrakan kendaraan antara pasukan Rusia dan Amerika di Suriah timur. Empat anggota layanan Amerika dilaporkan terluka dengan seperti gegar otak dalam insiden tersebut. Namun, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Ullyot mengatakan luka-luka itu adalah kesalahan Rusia, dan bahwa anggota dinas Amerika mundur untuk mengurangi ketegangan.

Dia menegaskan selama interaksi ini sebuah kendaraan Rusia menyerang pasukan Amerika. Dia menambahkan pasukan Ameriak tengah menuju al-Malikiyah, kota itu terletak di ujung timur laut Suriah dan merupakan tempat Pasukan Demokratik Suriah, milisi Kurdi sekutu Amerika.

Namun, media Rusia, Sputnik menyebut rekaman video dan berbagai laporan tentang peristiwa tersebut menceritakan kisah yang berbeda. Rekaman video di sisi Rusia menunjukkan beberapa kendaraan Amerika memblokade jalan yang kemudian Rusia mencoba menghindari hindari melalui berbagai taktik, termasuk melayang rendah di atas blokade dengan helikopter dan kemudian mencoba untuk mengitarinya.  

Namun, rekaman berikutnya menunjukkan kendaraan Amerika bergerak untuk memblokir kendaraan Rusia saat mereka mencoba melewatinya hingga dua kendaraan Rusia menjepit kendaraan Amerika.

Meskipun tidak ada konflik signifikan yang dilaporkan, insiden tersebut telah menjadi pengingat akan risiko tinggi di Suriah, di mana aktivitas militer Amerika bertujuan untuk menjaga ladang minyak dan mencegahnya jatuh ke tangan aktor lain, termasuk Rusia dan kelompok militan. Ini bukan pertama kalinya pasukan Amerika dan Rusia terlibat ketegangan di negara tersebut.

Tags:
bentrok pasukan rusia amerikakonflik as-chinakonflik rusia amerikakonflik timur tengahmiliter amerikamiliter rusiaperang suriah
%d blogger menyukai ini: