Tembus 7 Juta Penonton dan Jadi Film Terlaris, 5 Fakta Film KKN di Desa Penari yang Bikin Merinding

22 Mei 2022 16:09 WIB

Penulis: Nadia Amila

Editor: Rizky C. Septania

Film KKN di Desa Penari; IG @kknmovie ( IG @kknmovie)

JAKARTA - Film KKN di Desa Penari tengah ramai dibicarakan di media sosial. Film ini per 31 Mei 2022 telah tembus 7 juta penonton dan dinobatkan sebagai Film horor terlaris sepanjang masa.

Film ini menceritakan perjalanan dan kejadian mistis yang dialami oleh para mahasiswa yang sedang menjalankan tugas akhir semester atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) di suatu Desa yang disebut Desa Penari.

Film ini juga dikandangkan dapat mengembalikan industri film Indonesia dan dapat mendorong pemulihan ekonomi dan terciptanya lapangan pekerjaan.

Berikut 5 fakta menarik film KKN di Desa Penari:

1.Diangkat dari kisah nyata

Film KKN di Desa Penari ini pertama kali muncul di sosial media Twitter 2019 lalu, dimana Mister Simple Men menceritakan secara detail kejadian mistis yang dialami oleh enam mahasiswa di suatu desa di wilayah Banyuwangi Jawa Timur, yang berakhir tragis.

Cuitan dari Mister Simple Man tersebut kemudian viral, karena cuitan tersebut dianggap detail maka banyak warganet percaya bahwa kejadian ini adalah kisah nyata.

Hal tersebut dibuktikan saat gala premier film ini, salah satu pemain filmnya yaitu Tissa Sabyan menyebutkan bahwa Nur (salah satu tokoh dari film KKN) hadir pada saat gala premier, namun ia tidak bisa mengungkapkan siapa Nur yang aslinya.

2.Jadi film horor paling terlaris sepanjang masa

Saat ini film KKN ini telah tembus 7 juta penonton di seluruh bioskop yang ada di Indonesia.

Film ini juga dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang masa di perfilman indonesia. Film ini juga direkomendasikan oleh banyak publik figure karena mengangkat unsur budaya yang ada di Indonesia.

3.Biaya produksi yang mahal

Film ini diketahui telah menghabiskan miliaran untuk biaya produksi.

Hal tersebut diungkapkan oleh sang produser Manoj Punjabi bahwa mereka mengalami kesulitan saat proses syuting, contohnya saat syuting banyak bangunan set hancur karena hujan deras, hal tersebut juga mengakibatkan tertundanya proses syuting yang tengah berlangsung.

4.Lokasi asli Desa Penari

Karena sebelumnya cuitan tentang KKN di Desa Penari ini viral dan langsung dibikin film, maka banyak warganet yang penasaran di mana lokasi KKN yang sebenarnya terjadi.

Belakangan ini, ada salah satu warganet yang mengungkapkan dugaan di mana sebenarnya Desa Penari tersebut berada, yaitu terletak di salah satu Dusun di kecamatan Glenmore Banyuwangi.

5.Dua kali menunda jadwal tayang

Film ini telah dua kali menunda jadwal tayang di bioskop. Hal tersebut membuat tak sedikit warganet kesal karena telah menunggu lama hanya untuk menonton film ini.

Film ini dijadwalkan akan tayang perdana pada Maret 2020 namun karena alasan pandemi maka film ini ditunda.

Kemudian dijadwalkan lagi pada Februari 2022 namun ditunda lagi karena alasan kasus Omicron sedang tinggi-tingginya.

Dan akhirnya film ini tayang pada 30 April 2022 dan sampai saat ini sudah tembus 7 juta penonton.

Berita Terkait