Telkom Pastikan Sinyal Internet pada PON Papua 2021 Aman

08 September 2021 12:20 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Laila Ramdhini

Telkom melakukan persiapan infrastruktur jaringan menjelang PONXX Papua2021. (BUMN.)

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) tengah melakukan persiapan demi memastikan kelancaran komunikasi dan konektivitas internet selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021.

Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko mengatakan kesiapan Telkom melayani komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON Papua telah dipastikan dalam rehearsal test (uji jaringan) yang digelar pekan lalu.

Herlan menjelaskan beragam bentuk persiapan yang dilakukan antara lain uji jaringan dan pengecekan infrastruktur yang akan digunakan sebagai tulang punggung komunikasi selama PON XX Papua 2021 berlangsung.

Adapun uji jaringan tersebut dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan baik Telkom maupun Telkomsel, termasuk Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang berupa kabel bawah laut, satelit, radio IP, dan cyber security attack (DDoS protection).

"Setelah melalui tes yang berlapis pada tiga bulan terakhir, kami dapat pastikan jaringan telekomunikasi PON XX Papua 2021 telah siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh kontingen serta masyarakat," ujar Herlan dalam keterangan resmi dikutip Rabu, 8 September 2021.

Lebih lanjut, Herlan memastikan Telkom telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,99% untuk mendukung kelancaran konektivitas selama berlangsungnya PON XX Papua 2021

Akses WiFi

Sementara itu, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara mengatakan Telkom juga menyediakan access point internet nirkabel (WiFi) untuk mendukung kelancaran konektivitas internet selama PON XX Papua 2021 berlangsung. 

Telkom telah menyiapkan 891 titik WiFi yang tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021 dan ruang publik sekitarnya. WiFi ini bisa diakses masyarakat secara gratis. Ratusan titik WiFi yang disediakan Telkom memiliki kapasitas bandwidth lebih dari 100 Gbps.

Selain itu, Telkom menyediakan 379 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome. Ratusan perangkat IndiHome ini disediakan Telkom pada beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding.

"Kami juga menyiapkan jaringan cadangan via Satelit, Radio IP Long Haul, dan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang disewa khusus via Jaringan Papua-New Guinea & Guam Amerika (IPLC) sebagai backup jaringan eksisting," terang Edi.

Berita Terkait