Tekan Kesenjangan Literasi, Grab Latih Mitra Pengemudi

April 30, 2020, 06:09 PM UTC

Penulis: Khoirul Anam

Mitra Driver Grab saat mengikuti pelatihan di GrabAcademy / Sumber: https://www.grab.com/

JAKARTA—Perusahaan transportasi online asal Singapura Grab bekerja sama dengan Microsoft untuk mengurangi kesenjangan literasi digital terhadap para mitra pengemudinya melalui GrabAcademy. Hingga 16 April lalu, disebutkan, lebih dari 379 ribu mitra pengemudi Grab aktif di berbagai kota telah menyelesaikan pelatihan online literasi digital dari Microsoft untuk Subjek 1.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, keterampilan digital (digital skills) menjadi penting untuk dapat bersaing dalam menghadapi disrupsi akibat Industry 4.0.

“Pelatihan yang dapat mereka ikuti mencakup topik-topik seperti ilmu komputer dasar, cara menggunakan Internet dan perangkat lunak penunjang produktivitas,” kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 30 April 2020.

GrabAcademy yang telah diperkenalkan sejak September 2018 dan menjangkau 234 kota di Indonesia merupakan platform pelatihan online bagi mitra pengemudi Grab untuk meningkatkan pengetahuan serta literasi digitalnya.

Adapun Program Literasi Digital GrabAcademy dan Microsoft diluncurkan pada Maret lalu dan terbagi dalam tiga topik utama, yakni akses informasi online, penggunaan internet dengan aman dan bertanggung jawab, serta pengelolaan konten secara digital.

Dalam tiap topik, terdapat beberapa sub-topik yang membahas tentang cara berinternet, melindungi diri dari penipuan online, komputasi awan, cara berinteraksi dalam Microsoft Word, dan lainnya.

Rafif Gumay, salah satu mitra pengemudi yang mengikuti program tersebut mengaku, banyak informasi dan wawasan terkait teknologi yang belum dia ketahui.

“Trainingnya juga sangat mudah dipahami dan interaktif serta bisa diikuti kapan saja dan di mana saja, jadi lebih fleksibel,” ujar dia.