Targetkan 240 Kantong Plasma Konvalesen dalam Gerakan Donor Selamatkan Sesama

17 Agustus 2021 19:43 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ismail Pohan

Nampak calon peserta donor plasma tengah melakukan persiapan dan pemeriksaan kesehatan menjelang pengambilan darah dalam acara Gerakan Donor Selamatkan Bersama yang digelar PMI Kota Tangerang bersama Tangcity Mal, Selasa 17 Agustus 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Peningkatan kasus Covid-19 di Kota Tangerang dan sebagian wilayah Indonesia umumnya, menginisiasi Tangcity Mall lewat unit kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility), Tangcity Care, untuk mengadakan gerakan donor plasma konvalesen. Aksi kemanusiaan ini bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang dan digelar selama seminggu, mulai Senin hingga Minggu, 16-22 Agustus 2021 di Main Atrium Tangcity Mall. Calon pendonor yang notabene adalah penyintas Covid-19 akan dimanjakan dengan Lucky Dip dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp 18 juta dan ratusan merchandise eksklusif menarik lainnya. Sementara pengunjung Tangcity Mall dapat menikmati fasilitas cek kesehatan gratis yang tersedia selama event berlangsung.

"Permintaan plasma konvalesen yang meningkat di Kota Tangerang mendorong Tangcity Mall untuk mengadakan gerakan ini untuk membantu pemulihan pasien Covid-19. Selain itu, kami juga melanjutkan dukungan kepada PMI Kota Tangerang yang sudah berlangsung untuk mengumpulkan pendonor darah karena stok kantong darah tidak banyak di masa pandemi ini," ujar VP Director Tangcity Superblock Norman Eka Saputra. PMI Kota Tangerang menyiapkan 2 unit mesin donor plasma konvalesen (apherisis) dan 4 ranjang untuk kegiatan donor darah. Norman Eka optimistis lebih dari 240 kantong plasma darah terkumpul pada gerakan tersebut. "Peserta bisa dari kalangan manapun. Ada karyawan perkantoran, pejabat pemerintahan, anggota TNI/Polri, selebriti dan lain-lain," imbuh Norman Eka.

Sebagai edukasi kepada pengunjung dan peserta donor plasma, Tangcity Mall menghadirkan Dr. dr. Th. Monica R., Sp.An., KIC., M.Si., MM., MARS sebagai inisiator terapi plasma konvalesen di Indonesia untuk talkshow secara langsung pada Selasa, 17 Agustus 2021. Selain itu di hari yang sama, dr. M. Ingrid Budiman, Sp.GK sebagai dokter spesial gizi Rumah Sakit Bethsaida Tangerang juga akan memberikan informasi menarik tentang pemenuhan gizi penderita Covid-19."Di samping dukungan kami terhadap program percepatan vaksinasi, kami harap ikhtiar dalam mencari pendonor plasma ini membuahkan hasil yang positif untuk dapat dirasakan masyarakat," Norman Eka mengakhiri.

Berita Terkait