Tanpa Repot, Ini Cara Cek Tagihan Listrik Hanya Menggunakan Ponsel

03 Februari 2022 01:40 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Tanpa Repot, Ini Cara Cek Tagihan Listrik Hanya Menggunakan Ponsel (Trenasia.com)

JAKARTA - Cek tagihan listrik merupakan salah satu hal yang rutin dilakukan setiap bulan. Hal ini karena listrik menjadi salah satu kebutuhan utama bagi setiap orang.

Saat ini, cek tagihan listrik PLN juga bisa dilakukan dengan mudah, bahkan hanya menggunakan ponsel saja.

 Rutin melakukan cek tagihan listrik juga akan memudahkan Anda agar lebih berhemat karena tidak perlu membayar denda akibat terlambat membayar tagihan listrik. Anda juga bisa menghindari pemutusan sambungan listrik yang disebabkan karena lupa membayar.

Selain itu, bagi Anda yang menggunakan listrik prabayar, Anda juga bisa rutin cek tagihan listrik untuk mengetahui riwayat pemakaian listrik sekaligus biaya yang sudah dikeluarkan saat membeli token listrik.

Untuk melakukan cek tagihan listrik PLN, Anda hanya cukup mengakses PLN mobile dengan download aplikasi tersebut di Play Store atau App Store. Kemudian, log in akun Anda. Jika belum memiliki akun, daftarkan diri Anda pada opsi ‘Daftar’. 

Isi nama lengkap, ID pelanggan, lokasi, email aktif, nomor ponsel, dan password. Setelah itu, log in ke akun Anda lalu klik ‘Informasi’ pada halaman dashboard. Kemudian klik ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik. Aplikasi tersebut akan menyajikan tagihan listrik Anda sekaligus jumlah pemakaian dan riwayat tagihan listrik.

Jika Anda tidak ingin download aplikasi, Anda bisa mengakses website resmi PLN. Caranya, buka browser di ponsel Anda kemudian kunjungi https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik

Daftarkan akun Anda, isi data diri. Jika sudah mendaftar, PLN akan mengirim kode verifikasi melalui email. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam website resmi PLN yang tadi digunakan. Anda bisa log in dengan cara memasukkan alamat email dan password yang Anda gunakan saat sign up tadi. Jika sudah, sistem di website tersebut akan menyajikan informasi yang berkaitan dengan tagihan dan riwayat pembelian listrik Anda, serta informasi tagihan listrik yang harus Anda bayar.

Untuk cara terakhir, Anda harus memastikan bahwa ponsel yang digunakan memiliki pulsa. Caranya, dengan mengirim pesan sms ke 8123 dengan format REK <spasi> NO ID pelanggan, kirim ke 8123. Anda akan mendapatkan sms balasan berupa informasi tagihan listrik bulanan langsung ke ponsel Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan cek tagihan listrik PLN. Selamat mencoba.

Berita Terkait