Tandingi Telkomsel dan Indosat, Smartfren Segera Luncurkan Jaringan 5G

18 Juni 2021 19:06 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Emiten telekomunikasi milik Grup Sinar Mas PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) / Smartfren.com

JAKARTA – Emiten telekomunikasi PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) memberikan sinyal untuk segera meluncurkan layanan 5G di Tanah Air. Perseroan mengaku siap mengajukan Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Kalau kita ditanya kapan mengajukan ULO 5G ke Kominfo? Jawabannya soon, segera,” ungkap Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys dalam konferensi virtual uji coba jaringan 5G, Kamis, 17 Juni 2021.

Jika hal ini terwujud, maka Smartfren akan menjadi operator telekomunikasi ketiga yang bakal mendapatkan izin layanan 5G. Dua operator yang telah lulus Uji Laik Operasi jaringan 5G di antaranya PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) serta PT Indosat Tbk (ISAT).

Kendati begitu, Smartfren tak ingin terburu-buru dalam menyediakan layanan internet generasi kelima ini kepada masyarakat. Sebab, perseroan ingin layanan ini dapat dinikmati oleh pelanggan secara utuh

“5G bagi Smartfren bukan sekedar meng-ON-kan sinyal dan kemudian sampai ke smartphone pelanggan. Kita enggak ingin 5G yang sepotong-potong,” imbuhnya.

Oleh karena itu, kata Merza, pihaknya perlu menata frekuensi yang ada saat ini. Dengan begitu, diharapkan pelanggan dapat menikmati layanan 5G dengan pengalaman terbaik tanpa mengalami gangguan.

“Banyak hal yang perlu disiapkan dulu untuk mengubah lokasi spektrum, lalu mengarahkan pengguna sebelumnya ke pengguna baru. Jadi ini masih dalam proses semua,” papar dia.

Sebelumnya, Indosat Ooredo dikabarkan tengah melakukan Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G pada awal Juni 2021. ULO sendiri merupakan suatu proses yang harus dilalui tiap operator seluler sebelum merilis layanannya kepada masyarakat.

Sementara itu, baru Telkomsel yang telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari pemerintah. Tak lama setelah mendapatkan izin, Telkomsel langsung meluncurkan layanan 5G secara serentak di lima 5 kota. (LRD)

Berita Terkait