Tambah Modal Kerja, Wijaya Karya (WIKA) Dapat Pinjaman Rp1 Triliun dari BTN

03 November 2021 14:37 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Laila Ramdhini

Gedung PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) / Wika.co.id

JAKARTA - Perusahaan konstruksi pelat merah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) mendapat pinjaman dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN sebesar Rp1 triliun.

Fasilitas pinjaman tersebut terdiri dari cash loan sebesar Rp850 miliar dan noncash loan sebesar Rp150 miliar.

"Transaksi ini ditujukan untuk pembiayaan modal kerja dalam rangka menyelesaikan proyek infrastruktur perseroan," mengutip Sekretaris Wijaya Karya Mahendra Vijaya dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 3 November 2021.

Ia menambahkan, transaksi tersebut tidak mengandung benturan kepentingan sebagaimana yang dimaksud dalam POJK 17/2020. Selain itu, transaksi ini bukan merupakan transaksi material sebagaimana dimaksud dalam POJK 17/2020.

Sebagai informasi, Wijaya Karya sendiri melalui anak usahanya, PT Wijaya Karya Industri Konstruksi (WIKON) belum lama ini juga memberikan fasilitas kredit sebesar Rp210 miliar kepada PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA).

Dalam hal ini, WIKON merupakan pemegang saham pengendali WIMA dengan kepemilikan 100% saham. 

Adapun rincian transaksi tersebut, yakni fasilitas cash loan sebesar Rp60 miliar dan fasilitas noncash loan sebesar Rp150 miliar.  Tak jauh berbeda, tujuan transaksi ini untuk mendukung keberlangsungan usaha WIMA melalui pembiayaan modal kerja.

Berita Terkait