Tambah Modal Anak Usaha, United Tractors Borong 750 Ribu Saham Karya Supra Perkasa

23 Juli 2021 06:05 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Emiten alat berat PT United Tractors Tbk. membagikan dividen kepada pemegang saham. / Facebook @ptunitedtractorstbk

JAKARTA – Emiten alat berat konstruksi pertambangan Grup Astra, PT United Tractors Tbk (UNTR) telah membeli 750.000 lembar saham baru anak usahanya, PT Karya Supra Perkasa (KSP).

Sekretaris Perusahaan United Tractors, Sara K. Loebis mengatakan bahwa KSP elah melakukan peningkatan modal ditempatkan dan disetor dengan mengeluarkan 750.000 saham baru. Hal itu meningkatkan kepemilikan saham perseroan pada KSP.

“Sehubungan dengan pengeluaran saham baru, perseroan telah mengambil bagian bagian atas seluruh saham baru tersebut,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 22 Juli 2021.

Namun, ia tidak menjelaskan berapa total dana yang dikeluarkan United Tractors dalam transaksi pembelian saham KSP. Namun, Sara menyampaikan bahwa saat ini perseroan mengempit 1.876.900 lembar saham KSP dengan nilai Rp1,88 triliun.

“Dengan demikian, peningkatan kepemilikan saham KSP oleh perseroan telah berlaku efektif pada tanggal 16 Juli 2021,” tambahanya.

Lebih lanjut, Sara menjelaskan tujuan perseroan melakukan peningkatan kepemilikan saham dalam KSP adalah untuk tambahan modal usaha bagi kebutuhan operasional KSP. Hingga saat ini, UNTR masih memiliki 99,99% saham KSP. Sedangkan, 0,1% dimiliki oleh PT United Tractors Pandu Engineering.

Sebagai informasi, United Tractor melalui KSP telah merampungkan proses akuisisi PT Acset Indonusa Tbk (ACST) pada September 2021. Pada saat itu, KSP memborong 946,80 juta lembar saham ACST melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue dengan nilai transaksi Rp248,06 miliar.

Berita Terkait