Tambah Lagi, 5 Kota Ini Bisa Nikmati Jaringan 5G Telkomsel

07 Juni 2021 21:30 WIB

Penulis: Laila Ramdhini

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad sedang mencoba Cloud Gaming yang merupakan salah satu layanan digital menggunakan teknologi 5G Telkomsel didampingi oleh SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir (kiri) dan VP Consumer Sales Area Sumatera Telkomsel Erwin Tanjung (dua kanan). / Dok. Telkomsel

JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) meluncurkan layanan 5G secara serentak di lima kota yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan hadirnya layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan.

“Jaringan 5G bisa mendorong pemberdayaan masyarakat dan transformasi sektor industri,” ujar Nugroho, dalam keterangan resmi, Senin, 7 Juni 2021.

Ke depan, kata Nugroho, Telkomsel akan memastikan 5G tersedia untuk semua pengguna di Indonesia. Baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri.

Untuk itu, Telkomsel secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah,

“Kami juga mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan yang memiliki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas keseharian,” ujar Nugroho.

Di sisi lain, Nugroho mengklaim jaringan 5G juga dapat mendorong implementasi Industri 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Sebelumnya, Telkomsel telah meluncurkan layanan 5G di Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan. Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan ini, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap

Gandeng Schneider Electric

Sementara itu, Telkomsel menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Schneider Electric untuk mempercepat adopsi layanan teknologi jaringan 5G di sektor industri.

“Penandatanganan MoU dengan Schneider Electric juga menjadi bukti nyata komitmen kami dalam menghadirkan ekosistem layanan 5G yang tepat guna melalui upaya kolaboratif dengan para pemangku kepentingan, terutama dengan pelaku di industri,” ujar Nugroho.

Menurut Nugroho, Telkomsel sangat antusias untuk menghadirkan solusi berbasis teknologi 5G bagi pelaku industri lain untuk mengakselerasi transformasi digital perusahaan.

Telkomsel juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Schneider Electric untuk memperkuat kemitraan strategis dalam mempercepat transformasi digital (DX) Indonesia dan Industri 4.0 dengan melaksanakan 5G trial joint collaboration melalui berbagai program.

Beberapa program dilaksanakan, seperti live streaming virtual tour dari pabrik pintar Schneider Electric di Batam ke mitra global dan membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan EcoStruxure Machine Advisor.

Kolaborasi dengan Schneider Electric menunjukkan keseriusan Telkomsel dalam mendukung kebutuhan industri akan manfaat 5G. (LRD)

Berita Terkait