Tak Sekadar Buang Duit, Sederet Hobi Ini Bisa Jadi Investasi Unik

06 September 2022 22:00 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

3 Hobi Berpeluang Jadi Pundi-Pundi Uang (IST)

JAKARTA- Memiliki sebuah hobi atau kesenangan khusus terhadap suatu hal biasanya menghabiskan banyak cuan. Terlebih, jika hobi yang Anda miliki sifatnya hanya memuaskan batin atau emosi sesaat.

Meski memiliki hobi merupakan sebuah hak penting, Anda perlu bijaksana untuk mengatur pengeluaran supaya tak boncos. Sebab, biasanya ketika terlalu asyik menggeluti hobi, tanpa sadar uang yang Anda miliki akan terkuras.

Walaupun biasanya hobi terkesan menguras duit, beberapa hobi malah bisa dijadikan investasi. Meski awalnya perlu modal, di masa depan, kesenangan ini malah memghasilkan untung bagi pemiliknya.

Mengutip berbagai sumber, berikut deretan hobi unik yang bisa dijadikan investasi sehingga berhasil mendatangkan cuan di masa depan.

1. Koleksi Komik

Banyak yang mengira bahwa komik tidak bisa dijadikan sebagai sebuah investasi. Pada kenyataannya, banyak kolektor komik yang rela membayar dengan harga tinggi untuk melengkapi koleksi komik miliknya. 

Sebagai contoh, komik yang Superman edisi cetakan pertama memiliki harga yang dibanderol cukup tinggi.  Melalui situs e-bay, harga yang ditawarkan untuk bisa memiliki komik tersebut mencapai US$3,2 juta atau setara dengan Rp47,6 miliar (asumsi kurs Rp14.800 per dolar AS).

2. Action Figure

 Action figure merupakan sebuah replika dalam bentuk mainan yang bisa digerakkan sesuai dengan postur tubuh manusia. 

Ada banyak sekali jenis action figure di dunia ini dan menjadi salah satu barang yang memiliki nilai jual tinggi. Sebagai contoh action figure Avenger atau Nendroid.

Beberapa action figure edisi terbatas dari karakter tertentu menjadi salah satu barang incaran para kolektor yang harganya bisa naik tiap tahun.

Anda bahkan bisa menjual sebuah action figure langka dengan harga puluhan juta rupiah.

3. Barang Antik

Koleksi barang antik juga merupakan salah satu investasi yang memiliki nilai tinggi. Karenanya, jika Anda memiliki sebuah barang antik yang merupakan peninggalan dari zaman dahulu, sebaiknya jangan  dibuang.

Anda bisa menyimpan barang tersebut dan menjualnya suatu saat dengan harga yang cukup tinggi kepada para kolektor barang antik.

Beberapa barang antik yang memiliki nilai investasi tinggi antara lain vas bunga, mobil, motor, vinyl, dan lain sebagainya. 

4. Lego

Sama seperti action figure, Lego juga termasuk sebagai sebuah mainan. Namun, mainan yang biasa dimainkan oleh anak kecil ini memiliki nilai investasi yang tinggi.

Beberapa jenis Lego mengalami kenaikan harga yang cukup fantastis seiring berjalannya waktu. Salah satu contoh Lego yang mengalami kenaikan adalah Lego Death Star II yang dirilis pada 2005 dengan harga sekitar Rp3,6 juta, kini menjadi sekitar Rp22,5 juta.


5. Tas Mewah

Tas mewah memang menjadi incaran bagi para konglomerat atau para sultan Tanah Air. Selain harganya yang terlampau mahal, beberapa tas mewah memiliki edisi terbatas yang hanya bisa didapatkan saat itu juga.

Namun, jika Anda ingin menjadikan tas mewah sebagai sebuah investasi, Anda memerlukan modal yang tinggi serta merawat tas tersebut agar tetap memiliki nilai jual tinggi.

Investasi lewat tas mewah ini dilakukan oleh sejumlah selebriti seperti Syahrini, Angel Lelga, hingga Aurel Hermansyah.

6. Karya Seni

Investasi unik yang bernilai tinggi selanjutnya adalah karya seni. Sama halnya dengan barang antik, karya seni memiliki nilai investasi yang tinggi. 

Karya seni dengan nilai sejarah yang tinggi tentu akan memiliki harga yang tinggi juga. Banyak lukisan maupun karya seni lainnya yang dijual dengan harga ratusan hingga miliaran juta rupiah.


7. Mainan Diecast

Diecast adalah salah  jenis mainan yang terbuat dari bahan besi. Bentuk dari diecast ini bermacam-macam, namun yang paling umum dipasarkan adalah replika mobil.

Potensi pasar dari diecast ini cukup besar. Para penggemar diecast bisa mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk membeli sebuah diecast, bahkan mungkin puluhan juta untuk diecast edisi terbatas. 

Berita Terkait