Tak Sampai Sejam, 4 Kebiasaan Ini Buat Anda Cerdas dan Sukses

19 Januari 2023 08:15 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Ilustrasi pelaut. (Maritime Fairtrade )

JAKARTA - Setiap orang memiliki tingkat intelejensi yang berbeda saat dilahirkan. Artinya, tak semua orang berbakat atau jenius. Meski demikian, kecerdasan seseorang masih bisa dikembangkan dengan cara latihan.

Pada dasarnya kecerdasan sangatlah sulit diukur. Tetapi sejumlah penelitian telah menghubungkan kecerdasan ini dengan kebiasaan tingkat pembelajaran hingga pemecahan masalah.

Dari banyaknya penelitian yang dilakukan, penemuan menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar kesuksesan merupakan hasil kombinasi dari latihan, kebiasaan, dan pola pikir.

Latihan untuk menambah kecerdasan Anda dapat dilakukan dengan cara sederhana dan waktu yang singkat perhari. Artinya, Anda tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengasah otak .

Secara keseluruhan, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam per hari untuk melakukan kebiasaan ya g dapat melatih kecerdasan.

Mengutip Insider Rabu, 18 Januari 2022, ada 4 kebiasaan yang biasa dilakukan oleh seorang jenius baik secara bakat atau kerja keras, yang membuat mereka menjadi sukses.


1. Membaca selama 20 menit sehari

Meluangkan waktu untuk membaca adalah cara yang bagus untuk terus mengikuti kemajuan dunia.

Membaca juga akan membuat Anda mengetahui sudut pandang orang lain melalui sebuah tulisan dan di situlah otak melakukan pekerjaan untuk mengasah dirinya sendiri.

Sebagaimana diketahui, pola berpikir orang jenius biasanya dilatih dari membaca sudut pandang orang lain.

Dengan meluangkan waktu selama 20 menit untuk membaca, biasanya Anda bisa menghabiskan kisaran 15 halaman buku per hari. Dengan begitu, pada akhir tahun,   Anda akan menyelesaikan antara 15-20 buku dan wawasan Anda otomatis bertambah.

Menurut pengalaman, satu buku bisa mengubah benar-benar mengubah hidup bukanlah idiom yang berlebihan. Artinya, ketika Anda melakukan komitmen 20 menit untuk membaca, Anda memberi diri Anda 20 peluang setiap tahun untuk melakukannya. 

2. Fokus selama 30 menit sehari

Saat Anda memfokuskan pikiran dan tubuh untuk sesuatu, Anda memberi kesempatan pada diri untuk memperbaiki pikiran Anda. 

Pada saat Anda berada dalam kondisi fokus yang tinggi, di saat ya g sama Anda tengah menyempurnakan kemampuan untuk menginternalisasi informasi yang bisa mengasah kemampuan intelektual Anda. 

Fokus dapat dilakukan dalam berbagai hal. Baik itu hobi atau pekerjaan. Kasarannya, Anda perlu fokus untuk mendedikasikan diri bahkan meski hanya setengah jam sehari.

Selain bisa membuat Anda lebih puas dengan Hasil, berlatih juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif Anda.

3. Merenung selama 10 menit sehari

Merenung bukanlah hal yang tidak produktif. Untuk melatih kecerdasan, merenung merupakan salah satu langkah yang penting untuk dilakukan.

Merenung tak hanya dilakukan untuk memikirkan pekerjaan kantor. Namun juga pikiran pikiran lain yang mungkin mengganggu Anda. Dengan merenung, Anda dapat berdialog dengan diri sendiri dan berkompromi menemukan jawaban dari dalam benak untuk melangkah lebih jauh.

Selain menemukan jawaban, kebiasaan merenung ternyata mengajari Anda untuk berpikir dengan jernih. Anda juga dapat belajar banyak dari ide-ide yang Anda masukkan ke dalam pikiran, kemudian Anda bisa belajar lebih banyak lagi dengan memahami hal-hal yang sudah berkeliaran di kepala Anda.

Meski demikian, bukan berarti Anda harus mendedikasikan seluruh waktu untuk merenung. Cukup Ambil 10 menit waktu Anda untuk merenung dan berbicara pada diri Anda.

4. Jangan Menunda

Satu hal yang paling penting untuk menambah kecerdasan dan menjadikan Anda sukses adalah jangan Menunda tiga kebiasaan di atas.  Sebab, pada dasarnya, kebanyakan orang yang pintar hanya melakukan hal-hal kecil yang mudah diabaikan oleh kebanyakan orang. 

Berita Terkait