Tak Nyaman Dicolok, Sudah Ada Tes PCR Kumur Harga Rp799 Ribu

14 Juli 2021 16:01 WIB

Penulis: Ismail Pohan

Petugas melayani warga melakukan tes PCR Kumur drive thru di GSI Lab, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Juli 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman saat melakukan tes COVID-19 dengan cara colok hidung dan tenggorokan. Kini telah hadir metode baru tes PCR Kumur (Gargling) di beberapa fasilitas kesehatan dan laboratorium di Jakarta.

Salah satu laboratorium yang menyediakan layanan tes PCR kumur tersebut adalah GSI lab yang berlokasi di Jalan R.A Kartini, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Masyarakat bisa mendapat pelayanan PCR kumur Bio Saliva dengan merogoh kocek Rp 799 ribu.

Layanan inovasi terbaru tes PCR Kumur ini memberikan rasa nyaman dan pastinya aman tanpa hidung dan tenggorokan sakit setelah melakukan tes. Akurasi alat PCR kumur Bio Saliva ini diklaim mencapai 93-98%. Alat ini bukanlah jenis tes baru, melainkan hanya pengambilan spesimennya saja yang berbeda dan kemudian diperiksa melalui mesin PCR.

Cara mengambil spesimen PCR kumur yakni pertama, Anda diminta untuk batuk keras. Kemudian, Anda berkumur-kumur sebanyak tiga kali dan meludahkannya ke dalam wadah yang telah disediakan. Kehadiran tes PCR Kumur diklaim dapat berkontribusi meningkatkan kapasitas tracing nasional sebab bisa mendeteksi hingga angka CT 40 dengan tingkat sensitivitas hingga 93,57%. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Berita Terkait