Tak Lagi Beredar, Xiaomi Pensiunkan Ponsel Seri "Mi"

25 Agustus 2021 10:00 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Xiaomi Mi Mix 4. (Dok. Xiaomi)

JAKARTA - Ponsel pertama Xiaomi,  Mi 1 yang dirilis 10 tahun lalu, tepatnya pada Agustus 2011. Kehadirannya segera disusul oleh seri Mi lainnya yakni Xiaomi Mi 2, Xiaomi Mi 3 dan seterusnya. 

Terbaru, Xiaomi seri Mi masuk ke Indonesia dengan seri Xiaomi Mi 11 pada tahun ini. 

Namun kini, sub-merek ponsel yang identik dengan Xiaomi itu tidak akan digunakan lagi. Xiaomi hanya akan menggunakan namanya sendiri tanpa embel-embel "Mi" di ponsel-ponsel selanjutnya. Dengan kata lain, "Mi" dipensiunkan.

Nama "Mi" sudah menghilang di ponsel flagship terbaru Xiaomi, Mix 4. Sebelumnya, ponsel-ponsel kelas atas dari seri itu bernama "Mi Mix", terakhir hingga Mi Mix 3 yang dirilis pada 2018.

Seorang juru bicara Xiaomi yang berbicara kepada XDA Developer mengungkapkan bahwa ponsel-ponsel setelah Mix 4 juga tidak akan mengusung sub-merek "Mi".

Kebijakan sama juga berlaku untuk jenis produk lain yang selama ini membawa sub-brand "Mi", termasuk TV, laptop, hingga kulkas.

Adapun produk-produk "Mi" yang sudah beredar tidak akan mengalami perubahan nama. Xiaomi Mi 11, misalnya, akan tetap bernama demikian seperti sebelumnya.

Tidak disebutkan apa alasan di balik pensiunnya sub-brand "Mi". Ada kemungkinan Xiaomi ingin menyelaraskan branding produknya di wilayah-wilayah pasar berbeda. Di China, pabrikan tersebut memang sudah merilis sejumlah produk tanpa julukan "Mi".

Akan halnya nama "Mi", pendiri Xiaomi Lei Jun pernah menerangkan bahwa kata dua huruf itu merupakan singkatan dari "Mobile Internet" dan "Mission Impossible", mewakili pandangan Xiaomi sebagai perusahaan mobile internet yang ingin meraih pencapaian "mustahil".(*)

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 24 Aug 2021 

Berita Terkait