Tak Kaget dan Boncos Saat Baru Menikah, Ini Wejangan Buat Pasangan Baru

03 Juli 2022 16:00 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Ilustrasi pernikahan. (Istimewa)

JAKARTA- Pasangan baru biasanya diuji oleh beberapa faktor. Selain ketidakcocokan menantu-mertua, salah satu faktor yang menyebabkan hubungan pasangan retak adalah perihal urusan keuangan.

Tidak menutup kemungkinan, Anda dengan pasangan pun bisa mengalami momen tersebut akibat pengelolaan keuangan yang buruk.

Namun Anda tidak perlu khawatir sama sekali karena sekarang. Ini 3 wejangan untuk mengelola keuangan dengan baik bagi pasangan baru agar tak kaget dan boncos setelah menikah.

1. Catat Pendapatan dan Pengeluaran

Salah satu wejangan untuk mengelola keuangan dengan baik bagi para pasangan milenial adalah dengan membiasakan diri untuk selalu mencatat pendapatan dan pengeluaran.

Catatan ini akan memberikan Anda gambaran terkait cashflow yang dijadikan sebagai sumber tracking uang yang Anda miliki. Dengan itu, Anda dapat terus memantau alur keuangan, sehingga seluruh pendapatan dan pengeluaran pun menjadi jelas totalnya.

Catatan pendapatan dan pengeluaran juga bisa menjadi alat untuk melakukan perencanaan keuangan terstruktur, sehingga arus uang akan semakin aman terkendali.

2. Lakukan Investasi Bersama

Melakukan melakukan investasi bersama dengan pasangan bisa dilakukan untuk mendapatkan jaminan financial freedom di masa depan. Investasi bersama juga turut menjadi cara kelola keuangan dengan baik bagi pasangan milenial.

Selain itu, Investasi bersama ini dapat dijadikan sebagai sumber passive income yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Tetapi perlu dicatat, Anda dengan pasangan harus sama-sama siap dan mempelajari segala bentuk keuntungan serta kerugian dari investasi.

Kegiatan investasi biasanya memiliki risiko yang tinggi, sehingga Anda dengan pasangan harus bisa terus menjalin komunikasi yang baik selama tanam modal.

3.  Siapkan Dana Cadangan

Tak ada yang tahu hal-hal apa saja yang akan terjadi di masa depan. Hal ini lah yang mendasari Anda dengan pasangan untuk selalu menyiapkan dana cadangan di rekening bersama.

Dana cadangan dapat membantu Anda mengatasi rancangan keuangan yang tidak tepat, sehingga tidak mengganggu dana yang sudah dialokasikan ke hal-hal lain.

Maka dari itu, selalu menyiapkan dana cadangan menjadi salah satu cara terbaik kelola keuangan bagi pasangan milenial di zaman sekarang.

Berita Terkait