Tak Hanya Elon Musk, Inilah Miliarder yang Miliki Kepribadian Introvert

01 Mei 2022 06:07 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Justina Nur Landhiani

Tak Hanya Elon Musk, Inilah Miliarder yang Miliki Kepribadian Introvert (instagram.com/elonmusk)

JAKARTA - Pada umumnya, orang-orang mengetahui ada dua jenis kepribadian, yaitu introvert dan ekstrovert. Seseorang dengan kepribadian introvert cenderung lebih menyukai lingkungan yang tenang, suka menyendiri, dan introspektif. Sementara itu, ekstrovert justru menyukai lingkungan yang energik dan kolaboratif. 

Kedua kepribadian tersebut memang tidak ada yang lebih baik satu sama lain. Tapi bagi introvert, untuk menjadi seorang pebisnis atau wirausaha tentu menjadi hal yang sangat menantang.

Apakah karena kepribadian ini membuat introvert tidak bisa menjadi seorang pengusaha? Ternyata jawabannya adalah tidak. Faktanya, ada beberapa contoh miliarder yang memiliki kepribadian introvert dan sukses dengan bisnisnya, salah satunya yaitu Elon Musk. Inilah beberapa miliarder yang memiliki kepribadian introvert, seperti yang telah dilansir dari laman Entrepreneur.

Elon Musk

Mungkin hal ini terkesan aneh jika Elon Musk yang digambarkan sebagai ‘The Next Steve Jobs’ dulunya merupakan seorang engineer ini memiliki kepribadian yang tertutup. Meski berkepribadian introvert, Elon Musk tampak memiliki kekuatan yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan sosialisasi agar membantu ide-idenya berkembang dan diterima oleh banyak orang.

Larry Page

Larry Page merupakan pendiri Google bersama dengan Sergey Brin. Larry Page diketahui menjabat sebagai CEO Google sampai tahun 2001 dan kemudian kembali menjabat pada 2011.

Pada saat itu, banyak yang melihat penunjukan Page sebagai CEO sebagai pilihan yang aneh karena Larry Page merupakan seseorang yang sangat pendiam. Namun, kemampuan Larry Page dalam menciptakan produk baru yang inovatif dan menciptakan merek unik membuat Google masih bertahan sebagai salah satu contoh budaya dan perusahaan yang terbaik.

Bill Gates

Anda mungkin mengetahui Bill Gates sebagai pendiri Microsoft dan memiliki kekayaan yang sangat banyak. Namun, Bill Gates sendiri merupakan seorang introvert yang penyendiri, dan menggunakan orang-orang di sekitarnya untuk melengkapi kekuatan yang ia butuhkan dan mengatasi kelemahan yang ia miliki.

Warren Buffett

Warren Buffett, seorang pendiri dan CEO Berkshire Hathaway merupakan salah satu orang terkaya di dunia dan tokoh terkemuka dalam hal investasi. Warren Buffet juga dikenal lewat sikapnya yang selalu berkepala dingin, memiliki ketekunan intelektual dan pemikiran yang kritis. Warren Buffet merupakan seorang introvert tapi masih berhasil memimpin salah satu bisnis yang paling menonjol.

Mark Zuckerberg

Pendiri dan miliarder Facebook Mark Zuckerberg pernah dideskripsikan oleh COO Sheryl Sandberg sebagai seorang yang pemalu dan tertutup dan seringkali tidak terlihat ramah bagi orang yang tidak mengenalnya. Meski begitu, Mark Zuckerberg tetap mampu membangun karisma dan mengelilingi dirinya dengan para pemimpin tim yang melengkapi perusahaannya sehingga memungkinkan dirinya membangun Facebook seperti saat ini.

Itu artinya kepribadian introvert tidak akan mendikte perilaku Anda. Hanya karena Anda introvert, bukan berarti Anda tidak bisa bersosialisasi. Elon Musk atau Warren Buffet meski memiliki sifat introvert tetap mengembangkan diri menjadi sosok yang lebih komunikatif dan karismatik.

Selain itu, belajar dari orang-orang tersebut, Anda mungkin bisa menjadi seorang introvert, tapi Anda tetap bisa mengelilingi diri Anda dengan rekan kerja yang bisa mengatasi kelemahan Anda. Penting juga untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda agar Anda bisa memaksimalkan kekuatan dan mengatasi kelemahan yang Anda miliki.

Berita Terkait