Tak Cuma iOS, Siap-Siap Clubhouse Meluncur di Android

25 Februari 2021 19:32 WIB

Penulis: Dewi Aminatuz Zuhriyah

FILE PHOTO: The social audio app Clubhouse is seen on a mobile phone in this illustration picture taken February 8, 2021. REUTERS/Florence Lo/Illustration/File Photo

JAKARTA –  Clubhouse, aplikasi berbasis obrolan audio (audio chat), sebentar lagi akan meluncur di Android. Sinyal ini terlihat ketika perusahaan rintisan tersebut merekrut Mopewa Ogundipe, seorang pengembang perangkat lunak Android.

Dilansir dari NECN.com, Kamis 25 Februari 2021, Ogundipe menuliskan di laman akun Twitternya tentang hari pertama di Clubhouse.

“Hari ini adalah hari pertama saya di @joinClubhouse,” tulis Ogundipe.

“Jika Anda mengenal saya, anda mungkin tahu bahwa saya memiliki (opini) tentang aplikasi khusus iOS, jadi saya sangat senang bergabung dengan tim untuk membawa pesta ke Android,” lanjutnya dalam Twitter.

Seperti yang diketahui, Clubhouse diluncurkan pada Maret 2020. Di platform tersebut pengguna dapat berkumpul di ruang virtual khusus audio. Membahas topik tentang teknologi yang sedang berkembang, bersosialisasi tentang budaya pop, atau mendengarkan pembicara seperti CEO Tesla, Elon Musk.

Sejauh ini, aplikasi tersebut hanya tersedia untuk pengguna iPhone yang menerima undangan ke aplikasi. Co-founder Clubhouse Paul Davison dan Rohan Seth menuturkan, terlepas dari eksklusivitas Apple, aplikasi tersebut telah menjangkau lebih dari 10 juta pengguna aktif setiap pekan.

Adapun pengembangan aplikasi Android oleh perusahaan Clubhouse dilakukan setelah mendapatkan putaran pendanaan baru dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz pada Januari. Putaran pendanaan tersebut bernilai sekitar US$100 juta dan memberi Clubhouse valuasi senilai US$1 miliar. (SKO)

Berita Terkait