Tak Cuma Gojek, BRI Juga Beri Kredit Mitra Grab

May 14, 2020, 02:02 AM UTC

Penulis: Khoirul Anam

Ojek online Grab. / Facebook @GrabID

Emiten pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memberikan kredit kepada mitra Grab Indonesia, terutama untuk pengemudi, merchant GrabFood, dan mitra GrabKios.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan pinjaman ini bertujuan untuk meringankan beban finansial dari mitra pengemudi yang terkena dampak selama pandemi COVID-19.

Selain itu, Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan membantu merchant GrabFood dan mitra GrabKios untuk mendapatkan bantuan finansial yang mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan selama pandemi ini.

“Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini,” kata dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, 13 Mei 2020.

Mitra pengemudi dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan pinjaman sampai sebesar Rp5 juta dengan suku bunga yang terjangkau dan masa pinjaman selama 24 bulan. Selama tiga bulan pertama, khusus untuk mitra pengemudi Grab, dibebaskan untuk membayar cicilan.

Selain itu, untuk memudahkan, proses pembayaran pinjaman akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra. Dengan membuka rekening Britama untuk pinjaman, mitra pengemudi juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250% nilai saldo atau maksimum coverage hingga Rp150 juta.

Untuk tahap awal, 1.000 mitra pengemudi Grab yang berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang maupun Bekasi akan dapat mengakses fasilitas pinjaman dana tunai ini.

Sementara itu, penyaluran KUR diberikan bagi mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios produktif yang selama ini belum mendapatkan akses kredit ke bank.

KUR merupakan program inklusi keuangan pemerintah dan BRI dengan pinjaman sampai sebesar Rp50 juta, suku bunga yang sangat rendah yaitu 6% per tahun serta masa pinjaman selama 1-3 tahun.

Melalui kolaborasi ini, mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios akan diproses aplikasinya setelah melalui screening awal yang dilakukan oleh Grab berdasarkan data kinerja mereka.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menambahkan, pekerja harian dan pelaku UMKM seperti mitra pengemudi Grab adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam masa pandemi ini, mengingat masyarakat harus work from home dan menerapkan physical distancing.

“Fasilitas pinjaman dana tunai ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Grab,” kata dia.

Dia menegaskan bahwa penyaluran pinjaman dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian melakukan assessment terkait besaran kebutuhan sesungguhnya mitra Grab.

“Kami juga bekerja sama dengan Grab agar seluruh mitra yang mengambil fasilitas ini telah memenuhi seluruh persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Grab,” kata dia.

Sebelumnya, BRI juga memberikan kemudahan kredit untuk mitra Gojek Indonesia. Hingga kuartal I-2020, penyaluran kredit BRI tumbuh 9,81% year-on-year (yoy) menjadi Rp884 triliun, Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 9,81% menjadi Rp978 triliun. (SKO)