Tajir Melintir! Ini Daftar Konglomerat Indonesia yang Punya Universitas

21 Agustus 2022 07:00 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Aprilia Ciptaning

Makin Tajir, Pengusaha ini Juga Miliki Kampus (Pexels.com/Pixabay)

JAKARTA - Mengembangkan gurita bisnis bagi seorang pengusaha itu seperti sebuah keharusan. Memiliki modal yang melimpah, tak selamanya membuat pengusaha fokus hanya di dunia usaha ini.

Nyatanya sejumlah pengusaha RI memutuskan untuk mendirikan universitas, bahkan kampus tersebut semakin dikenal luas oleh masyarakat. Siapa saja pengusaha yang mendirikan kampus di Indonesia?

1. Keluarga Ciputra

Kampus Ciputra didirikan oleh Ir. Ciputra atau Tjie Tjin Hoan. Ia adalah seorang pengusaha sukses di Indonesia dalam bidang properti. Kekayaannya ditaksir mencapai US$1,4 miliar (Rp20,3 miliar) di tahun 2018.

Selain memiliki Universitas Ciputra di Surabaya, pengusaha satu ini juga miliki Jaya Group, Ciputra Group, dan Metropolitan Group. Universitas Ciputra di Surabaya dibangun dengan tujuan untuk membekali generasi muda dengan ilmu kewirausahaan.

2. Keluarga Bakrie

Universitas Bakrie didirikan oleh Nirwan Dermawan Bakrie, adik dari Aburizal Bakrie pada 2009. Sebelumnya Universitas Bakrie, kampus ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Universitas Bakrie pada 2020 menempati daftar 50 universitas terbaik, bahkan berada di urutan 20 besar.

3. Joseph Wibowo Hadipoespito dan Theresia Widia Soerjaningsih

Joseph Wibowo Hadipoespito dan Theresia Widia Soerjaningsih merupakan pendiri dari Universitas Bina Nusantara (BINUS).

Sebelum dikenal sebagai BINUS, Awalnya kampus ini adalah sebuah institusi pelatihan komputer. Kini kampus ini bahkan diakui sebagai kampus dengan popularitas yang tinggi dan berhasil melahirkan banyak orang penting, salah satunya William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia.

4. Keluarga James Riady

James Riady adalah anak dari Mochtar Riady, pendiri Lippo Group yang mendirikan sebuah universitas pada tahun1994 dengan nama Universitas Pelita Harapan (UPH).

Dengan kekayaan keluarga Riady yang menurut estimasi Forbes mencapai US$1,7 miliar atau setara dengan Rp 25,32 triliun. Jadi bukan hal yang sulit bagi Riady mendirikan kampus bergengsi ini.

Berita Terkait