Indonesia Segera Bangkit dari Resesi Ekonomi Susul Singapura dan Vietnam

April 16, 2021, 06:06 AM UTC

Penulis: Mochammad Ade Pamungkas

Warga berbelanja di los sayur dan buah di Pasar Bersih Sentul City, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 15 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Singapura dikabarkan baru saja keluar dari jurang resesi setelah mencapai pertumbuhan ekonomi 0,2% year on year (yoy) pada kuartal pertama 2021.

Mengutip dari Channel News Asia Kamis, 15 April 2021 Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura memperkirakan produk domestik bruto (PDB) per kuartal Singapura bertumbuh hingga 2% antara Januari sampai Maret 2021.

Vietnam juga sudah lebih dulu keluar dari resesi, yaitu ketika Badan Statistik Vietnam menyampaikan PDB nasional kuartal pertama telah tumbuh hingga 4,48% pada akhir Maret 2021.

Di sisi lain, Indonesia justru diprediksi baru bisa keluar dari resesi pada kuartal kedua 2021.

Melansir dari Insider Stories, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi ekonomi nasional Indonesia masih akan terkonstraksi pada kisaran minus 1% sampai minus 0,1% pada kuartal pertama 2021.

Sedangkan sebelumnya, Menteri Kordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto justru sempat meramal ekonomi Indonesia akan bertumbuh antara 1,3% sampai 1,8%.

Melihat hal itu, Presiden Joko Widodo justru optimistis jika ekonomi Indonesia akan melonjak hingga 7% pada kuartal kedua 2021, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Mengutip dari Bloomberg, Jokowi mendukung Bank Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus tenaga kerja, dalam rangka mengeluarkan Indonesia dari jurang resesi. (RCS)