Survei: Shopee Juara Pembelian, Tokopedia Paling Memuaskan

02 September 2021 13:02 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Amirudin Zuhri

Ilustrasi / Dok. ShopeePay

JAKARTA – Bergesernya preferensi masyarakat dari berbelanja secara luring/ offline menjadi daring /online tak ayal membuat platform e-commerce berlomba-lomba menawarkan kemudahan dan kenyamanan layanan demi meraih konsumen sebanyak-banyaknya.

Fenomena belanja daring ini kemudian dipotret oleh Jajak Pendapat (Jakpat) Special Report edisi semester I-2021 yang bertajuk Indonesia e-Commerce Trens 2021. Melansir dari riset tersebut, didapati bahwa Shopee merupakan e-commerce dengan penjualan maupun kunjungan terbanyak di Indonesia sepanjang periode ini.

Survei ini menghimpun data dari 1.054 responden di seluruh Indonesia. Hasilnya, Shopee memimpin dengan skor kunjungan 88% dan 82% pembelian. Di tempat kedua, ada Tokopedia dengan kunjungan sebanyak 69% dan pembelian 55%.

Lalu ada Lazada dengan kunjungan 58% dan pembelian 34%, kemudian Bukalapak mencetak kunjungan 33% dan pembelian 20%. Selanjutnya JD.ID dengan kunjungan 21% dan pembelian 11%, terakhir ada Blibli yang memperoleh 21% kunjungan dan 11% pembelian.

Berdasarkan gender konsumen, Shopee juga menjadi jawara di kalangan Wanita. Sebanyak 88% responden Wanita mengatakan berbelanja daring di Shopee selama semester I-2021. Dengan posisi yang cukup berjarak, di bawahnya ada Tokopedia dengan 57% dan Lazada 30%.

Tak hanya popular di kalangan Wanita, Shopee juga menjadi pilihan utama kaum pria dalam berbelanja daring. Buktinya, 75% responden pria mengaku berbelaja daring di Shopee sepanjang enam bulan pertama tahun ini. Di bawahnya ada Tokopedia dengan 54% dan Lazada 39%.

Tokopedia Paling Memuaskan

Meskipun Shopee menjadi juara dalam hal pembelian dan kunjungan, namun Tokopedia mengalahkannya dalam hal level kepuasan konsumen. Secara umum, e-commerce  di Indonesia menunjukkan nilai kepuasan konsumen yang tinggi sehingga selisih poin di antara sejumlah platform tersebut sangat tipis.

Di urutan pertama ada Tokopedia dengan skor sebanyak 4,41, lalu ada Shopee (4,38), JD.ID (4,33), Klik Indomaret (4,30). Kemudian, Lazada (4,25), Bukapalak (4,20), Blibli (4,19), dan Alfa Gift (4,11).

Di luar hasil survei di atas, Jakpat Special Report ini juga menunjukkan pertimbangan konsumen dalam memilih e-commerce sebagai tempat berbelaja. Dari sekian banyak faktor, ternyata gratis pengiriman mendominasi preferensi konsumen yakni sebanyak (66%). 

Lalu ada harga yang lebih murah (64%), diskon (59%), proses pembayaran yang mudah (56%), variasi opsi pembayaran yang banyak (53%). Aplikasi mudah digunakan (52%), variasi produk (49%), kemudahan pencarian produk (47%), kelengkapan deskriksi produk (44%), variasi opsi pengiriman barang (42%).

Berita Terkait