Survei Kominfo: Warga +62 Habiskan Rp100 Ribu untuk Biaya Internet per Bulan

JAKARTA – Hasil survei Status Literasi Digital Indonesia 2020 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut biaya internet per individu berkisar Rp50.000 sampai Rp100.000 per bulan.

Sementara untuk 1 keluarga, sekitar 80,6% responden mengaku menghabiskan biaya internet pada kisaran Rp50.000 sampai Rp300.000 tiap bulan.

“Bertambahnya perilaku masyarakat dalam menggunakan internet ini juga berakibat pada biaya internet yang dikeluarkan setiap bulan,” menukil dari hasil survei, Jumat, 20 November 2020.

Kominfo mencatat hampir 100% responden memiliki ponsel dan hampir seluruhnya yang memiliki ponsel tersebut terkoneksi dengan internet.

Namun, hanya 18,4% dari responden yang memiliki PC atau laptop, dan 65,1% di antaranya memiliki laptop/PC yang terkoneksi internet.

“Ini menunjukkan kemudahan akses internet sangat dipengaruhi oleh keberadaan dan kepemilikan ponsel.”

Adapun, waktu untuk responden mengakses internet sebagian besar terjadi pada rentang pukul 19.01 hingga 21.00. Sementara, waktu akses internet yang juga banyak terjadi adalah pukul 07.01 hingga pukul 10.00.

Kedua waktu akses internet ini menjadi periode favorit dari responden, yaitu sebelum responden beraktivitas dan setelah aktivitas harian berakhir.

Selain itu, rumah menjadi lokasi di mana 98% responden biasanya mengakses internet. Baik perilaku responden untuk periode akses internet maupun lokasi akses internet bisa dipengaruhi oleh kebijakan jaga jarak dan bekerja di rumah saat pandemi.

“Hal ini terjadi karena survei dilakukan saat periode pandemi COVID-19.”

Menariknya, dari semua platform media sosial, WhatsApp menjadi yang digunakan oleh hampir seluruh responden. Disusul oleh Facebook dan Youtube yang diakses oleh 89,8% dan 87,8% responden.

Penggunaan media sosial WhatsApp pun paling lama digunakan sehari-hari. Bahkan ada 18,7% responden menggunakan WhatsApp lebih dari 8 jam sehari. (SKO)

Tags:
biaya internetfacebookHeadlineinstagramInternetKominfoMedia Sosialpenggunaan media sosialponselsurvei literasi digitalwhatsappWiFiwifi di rumahwifi terbaik
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: