Sultan Abis, Pangeran Arab Beli Klub Sepakbola Inggris, Newcastle United

09 Oktober 2021 12:08 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Sultan Abis, Pangeran Arab Beli Klub Sepakbola Inggris, Newcastle United (null)

LONDON- Putra mahkota alias pangeran Arab, Mohamed bin Salman resmi mengakuisisi klub sepakbola asal Inggris, Newcastle United.

Tak tanggung-tanggung, Mohamed bin Salman merogoh kocek hingga 300 juta poundsterling atau setara Rp5,8 triliun (asumsi kurs 19.408 per poundsterling Inggris) untuk membeli klub sepakbola berseragam hitam putih itu.

Akuisisi tersebut telah disetujui oleh Premier League selaku operator kompetisi dari Liga Inggris setelah mendapat kepastian bahwa Arab Saudi tak akan ikut campur dalam pengelolaan The Magpies.

Pembelian Newcastle United dilakukan oleh pangeran Mohamed bin Salman melalui perusahaan konsorsiumnya, Public Investmen Fund (PIF).

Alhasil, dengan berpindahtangannya kepemilikan Newcastle ke tangan Mohamed bin Salman, maka berakhir pula masa jabatan Mike Ashley yang sebelumnya telah menjadi pemilik dari The Magpies selama 14 tahun terakhir.

Gubernur PIF, Yasir Al-Rumayyan, mengaku bangga mereka kini menjadi pemilik baru Newcastle. Ia pun mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh para pendukung.

“Kami sangat bangga menjadi pemilik baru Newcastle United, salah satu klub paling terkenal di sepak bola Inggris. Kami berterima kasih kepada para penggemar Newcastle atas dukungan setia mereka selama bertahun-tahun dan kami bersemangat untuk bekerja sama dengan mereka,” ujar Gubernur PIF, Yasir Al-Rumayyan melansir dari Okezone Sabtu, 9 Oktober 2021.

Sempat Berselisih

Rencana akuisisi Newcastle United awalnya tempat tertunda. Hal ini disebabkan lantaran Arab Saudi dikatakan telah menyalahi aturan perihal hak asasi manusia.

Namun pada akhirnya, PIF berhasil meyakinkan pihak-pihak yang terlibat bahwa uang yang digunakan untuk membeli Newcastle United bukanlah milik Negara Arab Saudi.

“Liga Inggris, Klub Sepakbola Newcastle United dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan perselisihan tentang pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media,” tulis pernyataan resmi Premier League.

Angin Segar Bagi Newcastle

Pasca berganti pemilik, Kabarnya Newcastle bakal bakal melakukan sejumlah perubahan untuk menaikkan prestasi setidaknya di liga Inggris.

Salah satu yang jadi sorotan adalah penggantian pelatih. Steve Bruce yang kini duduk di kursi pelatih Newcastle kabarnya bakal digantikan oleh pelatih yang lebih jempolan.
 

Berita Terkait