Suka Belanja Tapi Ingin Tetap Hemat? Simak 5 Cara Berikut Ini

14 Januari 2022 08:08 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Suka Belanja Tapi Ingin Tetap Hemat? Simak 5 Cara Berikut Ini (Pexels.com/Anna Tarazevich)

JAKARTA - Tampaknya toko atau pusat perbelanjaan memang selalu ramai dikunjungi banyak orang. Tidak hanya itu, banyak juga orang yang belanja karena ingin menikmati hidup saja. Namun, hal tersebut tentu bisa menimbulkan keuangan Anda menjadi kacau.

Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda memerlukan tips atau cara agar tetap hemat meski sering belanja. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Gunakan Kartu Kredit yang Menawarkan Lebih Banyak Keuntungan

Anda sebaiknya tidak asal menggunakan kartu kredit apapun saat sedang berbelanja. Carilah kartu kredit yang membuat pengalaman berbelanja Anda lebih menyenangkan dan tidak terlalu membebani keuangan Anda. Anda bisa mencari kartu kredit yang menawarkan lebih banyak bonus pendaftaran, suku bunga yang rendah, dan memberikan cashback. Hal tersebut akan membantu Anda menghemat lebih banyak saat berbelanja. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit yang memungkinkan Anda untuk memperoleh poin reward yang dapat digunakan untuk menukarkan berbagai item.

Pertimbangkan untuk Membeli Barang Bekas

Sebetulnya, orang-orang tidak akan memandang Anda lebih rendah jika Anda menggunakan barang dari toko barang bekas. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membeli barang bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Membeli barang bekas juga akan memudahkan Anda untuk menikmati produk berkualitas tinggi, tahan lama, namun dengan harga yang sangat murah. Melalui toko bekas, mungkin Anda akan menemukan barang koleksi langka atau buku yang sudah sulit untuk ditemukan lagi.

Beli Barang yang Tidak Dipajang

Toko biasanya akan memajang barang baru di rak yang menonjol selama enam hingga delapan minggu. Setelah waktu tersebut berakhir, barang-barang yang tidak terjual akan dipindahkan ke tempat lain dan biasanya akan dibandrol harga lebih murah agar barang tersebut segera laku. Oleh karena itu, pilihlah barang yang tidak lagi dipajang agar Anda bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

Jelajahi Bazaar dan Pasar Loak

Bagi Anda yang seorang shopaholic, Anda bisa mencoba untuk menjelajahi bazaar dan pasar loak apalagi saat liburan. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa akun media sosial selebriti karena bisa saja para selebriti menjual koleksi barang yang masih berkualitas, branded, namun dengan harga yang jauh lebih murah.

Membeli Barang dari Orang yang Ingin Pindah Rumah

Jika Anda ingin membeli atau sedang membutuhkan peralatan olahraga, perlengkapan bayi, furnitur, dan sebagainya, hindari membelinya di mal atau toko. Anda bisa mencoba untuk mencari barang tersebut di e-commerce karena banyak orang yang menjual barang saat ingin pindah rumah.

Bisa jadi Anda mendapatkan barang yang masih berkualitas baik namun dengan harga yang jauh lebih murah, seperti peralatan untuk rumah seperti blender, kulkas, kompor, dan sebagainya. Anda juga bisa mulai menawar penjual agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika membeli barang yang lain.

Nah, itu tadi deretan cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap hemat meski hobi belanja. Selamat mencoba.

Berita Terkait