Suasana Haru Pengibaran Sang Merah Putih di Tengah Jalan

17 Agustus 2021 20:52 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ismail Pohan

Sejumlah pengguna jalan di kawasan Daan Mogot Kota Tangerang dihentikan beberapa waktu untuk bersama-sama melakukan penghormatan kepada bendera merah putih dalam rangka merayakan detik-detik proklamasi, Selasa 17 Agustus 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Suasana haru tampak di sejumlah ruas jalan wilayah Kota Tangerang saat detik-detik upacara pembacaan teks proklamasi kemerdekaan. Tampak puluhan kendaraan berhenti dan para pengemudinya turun dari kendaraan serta berdiri di jalan selama beberapa saat. Dengan khidmat, mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama, pemandangan itu terjadi di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang. Perempatan yang berada di dekat markas Polres Metro Kota Tangerang.

Dipimpin oleh sejumlah petugas Kepolisian prosesi pengibaran bendera berlangsung hening, semuanya terdiam menyaksikan bendera merah putih yang dikibarkan sekitar pukul 10.30 WIB bersamaan pelaksanaan Upacara bendera di Istana Negara. Selain di Kota Tangerang beberapa ruas jalan di DKI juga ditutup dan dilaksanakan kegiatan serupa untuk menghormati detik-detik Proklamasi.

Pantauan TMC Polda Metro Jaya, penghentian total kendaraan di persimpangan UI Salemba, persimpangan Budi Kemuliaan Gambir, Jakarta Pusat; persimpangan Slipi-Palmerah, Jakarta Pusat.Selain itu, ada di persimpangan Cempaka Putih, Jakarta Pusat; persimpangan Cengkareng, Ring Road Puri Kembangan, dan Daan Mogot, Jakarta Barat; persimpangan Garuda Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur; persimpangan Harmoni Pusat. Di persimpangan UI Salemba, pengendara diajak mengheningkan cipta selama tiga menit. Pengibaran bendera Merah Putih di Istana Negara, Jakarta sendiri dimulai pada pukul 10.17 WIB. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Berita Terkait