Studi: Suntikan Ketiga Vaksin Sinovac Hasilkan Peningkatan Besar pada Tingkat Antibodi

29 Juli 2021 22:48 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Studi: Suntikan Ketiga Vaksin Sinovac Hasilkan Peningkatan Besar pada Tingkat Antibodi

JAKARTA - Vaksin COVID-19 hingga kini digunakan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang sampai sekarang masih melanda berbagai negara.

Studi menunjukkan, bahwa suntikan ketiga vaksin COVID-19 Sinovac yang diberikan pada enam bulan atau lebih setelah mendapat suntikan kedua akan menghasilkan peningkatan yang luar biasa dalam tingkat antibodi, sementara pemberian dua dosis terjadwal tampaknya menghasilkan memori kekebalan yang baik.

Hasil penelitian tersebut juga telah dipublikasikan di medRxiv pada hari Jumat, 23 Juli 2021 untuk peer review.

Studi tersebut menemukan bahwa meskipun tingkat antibodi yang menetralisir menurun dalam tempo enam bulan setelah mendapat dua suntikan Sinovac, vaksinasi dua dosis terjadwal menghasilkan memori kekebalan yang baik.

Dosis suntikan ketiga, diberikan pada selang waktu di antara enam hingga delapan bulan setelah dosis kedua, menyebabkan peningkatan yang kuat dalam respon imun, dengan titer rata-rata geometrik (geometric mean titers / GMTs) meningkat menjadi sekitar 140.

Tidak ada problem keamanan serius yang teridentifikasikan selama kampanye vaksinasi COVID-19. Tidak ada bukti peningkatan risiko efek samping yang serius, menurut penelitian itu.

Hasil penelitian tersebut dirilis secara online pada hari Sabtu sebagai edisi pracetak untuk jurnal The Lancet.

Berita Terkait