Stres Akibat Kerja Mengambil Alih Kehidupan Anda? Ini Cara Mencegahnya

01 Agustus 2021 20:05 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Cara Mencegah Stres Usai Bekerja

JAKARTA - Stres akibat pekerjaan mungkin memang kerap dialami oleh setiap orang. Merasakan ketegangan juga merupakan hal yang normal, apalagi jika Anda mendapatkan deadline atau tugas yang menantang.

Akan tetapi, jika stres karena kerja menjadi kronis, maka hal tersebut justru dapat memengaruhi kesejahteraan fisik dan emosional Anda. 

Mengalami stres karena kerja juga tidak dapat dihindari, meskipun jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan. Oleh karena itu, simak cara berikut ini agar Anda mengetahui bagaimana meminimalkan stres akibat kerja.

Sadari Bahwa Stres Memengaruhi Hidup 
Mungkin kalimat tersebut terdengar terlalu sederhana. Padahal, jika diremehkan, stres akan membuat Anda makin merasa lelah secara emosional dan pesimis di penghujung hari.

Paparan jangka panjang terhadap stres yang tidak terkelola juga dapat berdampak buruk untuk tubuh dan kesehatan mental Anda.

Identifikasi Apa yang Membuat Anda Menjadi Stres
Mengidentifikasi dan mengingat apa saja situasi yang menyebabkan Anda stres akan membantu Anda untuk memahami apa yang dapat mengganggu Anda. Beberapa di antaranya dapat menjadi sumber ketegangan yang tidak kentara, seperti ruang kerja yang tidak nyaman atau perjalanan jauh

Anda bisa membuat jurnal selama 1 minggu untuk melacak pemicu stres dan reaksi Anda terhadapnya.

Luangkan Waktu untuk Mengisi Ulang Tenaga
Anda bisa mengambil istirahat selama beberapa menit di hari yang sibuk. Hal ini dapat membantu Anda untuk mencegah kelelahan.

Anda juga dapat mendengarkan podcast yang menarik, atau menonton video YouTube yang lucu agar membuat Anda relaks sepanjang hari.

Asah Keterampilan Manajemen Waktu
Terkadang, merasa kewalahan merupakan pertanda bahwa Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat daftar prioritas di awal minggu kerja Anda, dengan menyiapkan tugas dan urutkan menurut tingkat kepentingannya.

Seimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi
Selalu stand by sepanjang waktu akan mudah membuat Anda menjadi burn out. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan rumah Anda untuk membantu Anda menghindari potensi menjadi stres.

Berita Terkait