Strategi Mudah Mengatasi Stres Akibat Masalah Finansial

05 September 2021 03:04 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Strategi Mudah untuk Mengatasi Stres Akibat Masalah Finansial

JAKARTA - Masalah finansial bisa berasal dari mana saja, bisa dari utang, tidak menghasilkan cukup uang, biaya merawat anak yang tinggi, bahkan biaya untuk menikah. Padahal, jika Anda dapat mengurangi kekhawatiran akibat keuangan, Anda akan dapat fokus pada tujuan penting lain dalam hidup Anda dan bisa hidup lebih santai.

Jika Anda telah mengetahui strategi untuk mengatasi setiap masalah keuangan, maka Anda akan lebih santai untuk menghadapi setiap situasi. Oleh karena itu, simak tips berikut ini untuk mengatasi stres akibat masalah finansial yang seringkali muncul.

1. Buat Anggaran

Anda mungkin merasa kewalahan dan berpikir bahwa anggaran hanya akan menambah tekanan keuangan Anda. Akan tetapi, anggaran adalah cara dan alat terbaik yang Anda miliki untuk mengendalikan kondisi keuangan dan berhenti mengkhawatirkan uang. Anggaran memungkinkan Anda memutuskan kapan dan bagaimana Anda akan membelanjakan uang hasil jerih payah Anda.

2. Dapatkan Dana Darurat

Dana darurat adalah  rekening tabungan dimaksudkan untuk menutupi biaya tak terduga dan keadaan darurat keuangan. Membangun dana darurat mungkin tampak sulit pada awalnya, terutama jika Anda berjuang untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan. Mulailah dengan menyisihkan uang sedikit demi sedikit agar dana darurat Anda bisa segera terkumpul. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjual barang-barang yang tidak terpakai di sekitar rumah untuk mengumpulkan uang secepat mungkin.

3. Cari Bantuan dari Luar

Jika Anda benar-benar kesulitan mengatasi masalah finansial atau keuangan seperti anggaran dan pengeluaran Anda, jangan takut untuk mendapatkan bantuan dari luar. Anda dapat mengambil kelas tentang pengelolaan uang dan investasi dasar, yang akan membantu Anda merencanakan anggaran dan melakukan hal-hal yang Anda perlukan untuk berhasil secara finansial.

4. Lacak Kemajuan dan Proses Anda

Temukan kemajuan Anda untuk mengatasi setiap masalah finansial yang Anda hadapi. Hal ini bisa membantu Anda agar lebih termotivasi untuk selalu disiplin mengatur keuangan.

Berita Terkait