Startup Weekend Indonesia Online NextGen Masuk Tahap Graduation Day, Pilih 10 Startup Terbaik Karya Mahasiswa

JAKARTA – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020, Startup Weekend Indonesia Online NextGen menggelar tahapan graduation day.

Tahapan tersebut setelah melewati beberapa tahapan sebelumnya, mulai dari orientation day pada 1 Oktober 2020 dan tahapan entrepreneur class pada 2-25 Oktober 2020. Pada tahapan entrepreneur class yang terbagi menjadi empat batch tersebut, para peserta yang diikuti oleh para mahasiswa ini membangun startup mereka dalam waktu 54 jam.

Lebih dari 1.500 peserta telah bergabung dalam program tersebut dengan total 163 startup tercipta selama kegiatan entrepreneur class. Bekerja sama dengan 28 universitas di 13 kota di Indonesia, kegiatan tersebut menggaet lebih dari 173 mentor dan pembicara untuk membimbing para peserta dalam mengembangkan startup.

Dari total 300 ide startup yang telah tercetus selama periode entrepreneur class dan melalui kurasi board of mentors, terpilih 10 startup yang lolos ke tahap live QnA bersama juri nasional.

Beberapa juri tersebut antara lain CIO Mugi Rekso Abadi, Michael Tampi; President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata; dan Strategic Partnerships Development Manager Geo Google Indonesia, Isabella Wibowo.

Adapun graduation day dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim. Selain itu selaku Co-Founder dan CEO dari Kumpul yang menjadi National Coordinator dari Startup Weekend Indonesia Online NextGen Faye Wongso turut membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, pendiri perusahaan ride-hailing Gojek tersebut berharap kepada generasi muda, khususnya mahasiswa Indonesia untuk membawa perubahan besar untuk Indonesia.

“Melalui Startup Weekend Indonesia, saya berharap segera hadir pengusaha-pengusaha muda baru, baik itu entrepreneur bisnis maupun social entrepreneur untuk turut memberi solusi berbagai masalah nasional, dan turut berkontribusi dalam pembangunan negaranya,” kata Nadiem beberapa waktu lalu.

Sesi Diskusi

Selain sesi live QnA, dalam tahapan graduation day juga menghadirkan diskusi seputar startup untuk membekali mahasiswa Indonesia dalam berperan di industri digital.

Pada sesi pertama, diskusi dihadiri oleh CEO dan Founder Ancora Group, Gita Wirjawan; CEO dan Founder Asumsi, Pangeran Siahaan; serta Co-Founder Menjadi Manusia, Rhaka Ghanisatria.

Sedangkan pada sesi kedua, diskusi diisi oleh Manager SMEPP PT Pertamina (Persero), Rudi Ariffianto; Co-Founder dan COO Xendit, Tessa Wijaya; dan CEO dan Founder Cumi.id, Christian Sugiono. Sementara, moderator pada kegiatan tersebut adalah Co-Founder dan CEO dari Rollover Reaction, Naya Tinanda Nabila. (SKO)

5 Startup Terpilih
  • Eco-Aerator dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Juara Pertama)
  • Easy Cook dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Juara Kedua)
  • Kandang Pintar dari Telkom University (Juara Ketiga)
  • Dodolan.id dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (Pemenang kategori Judges Favorite)
  • GajiKu dari Universitas Multimedia Nusantara (Pemenang kategori Public Favorite)
Tags:
Dodolan.idEasy CookEco-AeratorGajiKugojekKandang PintarmahasiswaNadiem MakarimrintisanStartupStartup Weekend Indonesia Next Gen
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: