Sri Mulyani akan Surati Pejabat Daerah yang Sering ‘Cari SPJ’

TrenAsia (TA) -tcodep style="text-align: justify;">JAKARTA– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menyurati pejabat dari pemerintah daerah yang kerap menghabiskan anggaran melalui surat pemerintah jalan (SPJ) ke Jakarta. Menurutnya, pemerintah daerah tidak perlu terlalu sering ke Jakarta karena saat ini sudah bisa dilakukan secara online. 

“Saya rasa itu adalah suatu pembelajaran yang baik dan kita akan coba lakukan semua itu ke Pemda. Untuk berhubungan dengan Kemenkeu, Pemda tidak harus mengirimkan orang setiap bulan dua kali atau bahkan tiga kali” kata Sri Mulyani seperti dikutip CNN, Selasa (11/12).

Sri Mulyani merasa miris karena di saat yang bersamaan, Kemenkeu telah menyiapkan infrastruktur lewat online maupun jaringan telepon agar daerah dan pusat bisa berkomunikasi untuk segala urusan. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan misalnya, kata Sri Mulyani, sudah ada layanan dering DJPK di nomor 1500420. Kalau pun tidak, daerah dan pusat bisa melakukan teleconference secara online. 

“Saya tau pemda nggak suka teleconference karena nggak ada SPJ (Surat Perintah Jalan)-nya.”

Kendati demikian, Ani berprasangka Pemda yang sering mengunjungi Kemenkeu tersebut belum memahami betul langkah administrasi yang efisien. Namun, dia tidak serta merta menghakimi kunjungan tersebut bersifat negatif. 

Oleh karena itu, lewat surat yang akan disampaikan nantinya kepada Pemda, Ani akan menjelaskan masalah tersebut. “Mungkin selama ini mereka tidak tahu bagaimana berhubungan dengan Kemenkeu. Mereka menganggap kalau tidak datang sendiri tidak akan mendapatkan pelayanan,” katanya.

Sentilan dari Sri ini sebelumnya disampaikan langsung di depan ratusan pejabat daerah yang hadir dalam acara Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, pada hari yang sama. Bagi Sri, 20 kunjungan dalam satu tahun saja sudah tidak masuk akal apalagi 46.

Temuan 46 kali kunjungan itu pun terungkap karena Kementerian Keuangan rutin mencatat pejabat daerah yang datang berkunjung. “Kami punya catatannya, mereka ada urusan apa, bertemu siapa, dan untuk isu apa,” ujar Sri Mulyani. (Nasser Panggabean)