SpaceX Berhasil Tempatkan 61 Satelit di Orbit Rendah

WASHINGTON-SpaceX telah berhasil menempatkan 58 satelit Starlink tambahan dan tiga SkySats ke orbit rendah bumi menggunakan roket Falcon 9 yang kembali mendarat dengan aman setelah diluncurkan.

Sebagaimana dilaporkan Space.com, peluncuran dilakukan pada Sabtu 13 Juni 2020 dari Cape Canaveral Space Center Florida dan merupakan misi pertama yang mencakup pelanggan rideshare serta memberikan muatan untuk dua pelanggan yang berbeda.

Starlink adalah jaringan satelit generasi berikutnya yang mampu memberikan penghuni Bumi akses Internet broadband. Proyek ini dimulai pada Februari 2018.

Secara total, perusahaan ini berencana untuk meluncurkan sekitar 12.000 satelit dengan 30.000 satelit lainnya dimasukkan ke dalam orbit dengan ketinggian 328 hingga 580 kilometer. SpaceX memperkirakan biaya proyek adalah US$ 10 miliar.

SkySat Planet Lab menyediakan pembaruan hampir real time citra satelit dari tempat-tempat tertentu di permukaan bumi. Peluncuran ini memperluas kapasitas perusahaan untuk mencitrakan lokasi yang sama hingga 12 kali sehari bagi untuk mengetahui perkembangan yang terlihat dari ruang angkasa secara real-time

Tags:
satelitSpaceXteknologi ruang angkasa
%d blogger menyukai ini: