SpaceX Berangkatkan Tiga Pengusaha Kaya ke Luar Angkasa

11 April 2022 12:02 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Fakhri Rezy

Pemberangkatan tiga pengusaha asal Kanada, Amerika, dan Israel yang melakukan perjalanan ke luar angkasa oleh SpaceX. (AP News)

CAPE CANAVERAL – SpaceX baru saja memberangkatkan tiga pengusaha kaya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan akan tinggal selama seminggu di sana.

Ketiga pengusaha dan astronaut pengawal mereka diberangkatkan hari Jumat, 8 April 2022 lalu, seperti dilaporkan oleh AP News.

NASA akhirnya mengikuti langkah Rusia yang menjamu wisatawan ke luar angkasa selama beberapa dekade terakhir. Sebelumnya, NASA selalu menentang langkah Rusia itu.

Biaya yang harus dibayar untuk perjalanan ini adalah US$5 juta per kepala atau setara dengan Rp71,8 miliar (asumsi kurs Rp14.373,80 per dolar AS). Biaya ini sudah termasuk perjalanan roket dan akomodasi termasuk makanan.

Perusahaan swasta Axiom Space merupakan pengatur kunjungan dengan NASA bagi tiga konsumennya yaitu Larry Connor dari Ohio, AS yang merupakan pemilik Connor Group; pendiri dan CEO Mavrik Corp, Mark Pathy asal Montreal, Canada; dan Eytan Stibbe asal Israel yang merupakan mantan pilot pesawat tempur sekaligus mitra pendiri Vital Capital.

Ketiga pengusaha dan penagawal perjalanan tiba di stasiun luar angkasa pada hari Sabtu, 9 April 2022. 

Mereka adalah pengunjung luar angkasa terbaru sejak perjalanan luar angkasa diizinkan bagi mereka yang bersedia membayar biaya perjalanan. Sebelumnya, roket milik perusahaan Jeff Bezos, Blue Origin, mengangkut wisatawan dalam perjalanan 10 menit ke tepi ruang angkasa. 

Perjalanan Jumat lalu juga merupakan pemberangkatan kedua dari perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, yang sebelumnya membawa seorang miliarder dan tamunya dalam perjalanan orbit tahun lalu. 

Sementara itu, Axiom menargetkan perjalanan pribadi keduanya tahun depan ke luar angkasa. 

Berita Terkait