SMK Immanuel II Pontianak Juara Akuntansi Nasional Ubaya 2021

January 22, 2021, 08:03 AM UTC

Penulis: Sukirno

Tiga siswa SMK Immanuel II Pontianak sukses rebut juara I lomba akuntansi nasional diselenggarakan KSM Universitas Surabaya 15-17 Januari 2021. / Dok. SMK Immanuel II Pontianak

PONTIANAK – SMK Immanuel II menorehkan prestasi membanggakan dan mengharumkan bagi Kota Pontianak dalam ajang lomba akuntansi se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Akuntansi Universitas Surabaya, pada 15-17 Januari 2021.

Para siswa SMK Immanuel II berhasil meraih predikat pertama dengan predikat winner of Heroes Alliance 11 setelah menyisihkan 3 pesaing sekolah menengah atas (SMA) lainnya. Peraih runner up ke-3 diambil SMAN 1 Andong Boyolali, runner up ke-2 oleh MAN 2 Malang dan runner up pertama diraih SMA Kristen Petra 1 Surabaya.

Penghargaan tertinggi dari lomba yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh KSM Akuntansi Surabaya ini terasa spesial bagi Anggario Winarta, Vita Neliyana dan Delon Antorio karena mereka bertarung dalam kondisi pandemi COVID-19 bahkan persiapan sangat singkat.

Anggario mengatakan persiapan lomba mereka cukup singkat selama 2 hari sebelum hari lomba dan belajar secara mandiri di rumah masing-masing. Begitu juga dengan rekannya, Vita mengatakan mereka belajar secara mandiri melalui YouTube, Google dan buku pelajaran lainnya.

“Sekali berkumpul untuk belajar bersama. Kami tetap memotivasi diri kami masing-masing saling percaya bahwa kami bisa melewatinya dan yakin bisa lebih unggul dari pada sekolah lainnya,” kata Anggario dan Vita yang sama-sama duduk di kelas XII kepada TrenAsia.com, Kamis, 21 Januari 2021 yang bercita-cita menjadi pebisnis ini.

Sementara itu, Delon menambahkan dia bersama-rekannya jika menemui kendala atau kesulitan dalam memahami soal maka berdiskusi dengan guru pembimbingnya, Yanuardi.

Penyelenggaraan lomba akuntansi nasional itu menyedot banyak sekolah se-Indonesia. Kurang lebih terdapat 98 tim baik yang ada di pulau Jawa dan di luar Jawa ambil bagian dalam ajang tersebut.

Dikutip dari Instagram Fakultas Bisnis dan Ekonomi (FBE) Ubaya, pihak panitia lomba bisa mengemas kegiatan tingkat nasional walau secara daring dengan menarik. Mereka menggabungkan event lomba akuntansi dengan permainan menarik secara kreativitas selama tiga hari penuh. (SKO)